Tentunya kamu sudah tidak asing dengan layanan Google Play jika kamu adalah pengguna ponsel dengan OS Android. Sampai saat ini Google Play sendiri sudah mempunyai jutaan lebih database aplikasi, namun mungkin hanya beberapa saja yang diketahui dan digunakan oleh pengguna dan mungkin termasuk kamu. Padahal jika kamu tahu, ada banyak aplikasi yang bermanfaat dan mempunyai fitur-fitur tidak biasa atau antimainstream yang bisa digunakan oleh kamu dan mungkin bisa memudahkan kamu dalam beberapa aktivitas. Nah, kamu penasaran apa saja aplikasi tersebut? Berikut adalah ulasan mengenai beberapa aplikasi Android canggih. Yuk simak!

Aplikasi-Aplikasi Android Canggih, Keren dan Populer

  1. Clap to Find

Aplikasi ini sangat berguna untuk kamu yang sering lupa dimana meletakkan atau menaruh ponsel pintar-mu. Kamu bisa dengan mudah menemukan ponsel yang tertinggal, terselip di sofa ataupun di tempat-tempat lainnya hanya dengan tepuk tangan jika memiliki dan mengaktifkan aplikasi ini. Saat kamu menepuk tangan secara otomatis akan terekam oleh mikrofon, lalu ponsel-mu akan memberikan respon dan menyalakan alarm, kemudian kamu bisa mengikuti arah suara untuk menemukannya.

  1. AirDroid : Remote Access & File

Aplikasi canggih lainnya di Android adalah AirDroid. Aplikasi yang satu ini membantu memudahkanmu dalam memindahkan file dari ponsel ke PC atau komputer dan juga sebaliknya. Menggunakan aplikasi ini, kamu jadi tidak perlu repot menggunakan kabel data lagi. Sangat membantu bukan buat kamu yang mahasiswa maupun pegawai kantoran yang sering berhadapan dengan file-file.

  1. Adobe Spark Post

Aplikasi Android canggih selanjutnya adalah Adobe Spark Post. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang mau membuat feed atau story Instagram yang kece seperti milik para selebgram. Aplikasi ini penggunaannya cukup mudah dan praktis. Selain itu, terdapat ratusan template yang akan membantu dalam mendesain meski kamu bukan ahlinya.

  1. Wave to Unlock and Lock

Aplikasi cukup bermanfaat digunakan untuk kamu yang ponselnya belum ada fingerprint. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengaktifkan atau membuka maupun mengunci ponsel-mu tanpa menyentuhnya. Kamu cukup untuk melambaikan tangan ke layar dan secara otomatis akan menyala atau mengunci.

  1. Navigation Gestures – Swipe Gesture Controls

Nah kamu ingin bisa merasakan fitur navigasi dengan gesture yang seperti ponsel pintar sekarang meski hanya mempunyai Android jadul? Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dan tidak perlu membeli ponsel baru. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa untuk melakukan banyak fungsi seperti masuk home, back hingga membuka recent apps dengan satu tombol.

  1. WiFi Map

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk menampilkan jaringan WiFi yang ada di daerah sekitarmu. Namun tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa membantumu mengetahui password Wi-Fi yang terkunci.

  1. Getcontact

Kalau kamu adalah orang yang penasaran dengan bagaimana orang lain menyimpan kontak-mu di ponsel mereka, maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi GetContact ini juga memiliki fungsi keamanan dan perlindungan yang mirip dengan di aplikasi Truecaller.

  1. 1Password – Password Manager and Secure Wallet

Untuk kamu yang seorang pelupa namun mempunyai banyak akun digital yang menggunakan password berbeda-beda, mungkin saja kamu membutuhkan aplikasi 1Password. Mengapa begitu? Itu karena aplikasi ini mempunyai cara kerja yang mana aplikasi bisa menyimpan password lalu login secara praktis, tanpa kamu perlu memasukkan password ulang.

  1. Mi Remote

Remote TV, AC, DVD Player di rumah rusak? Lalu kamu malas untuk membeli yang baru? Kamu bisa menggunakan aplikasi Mi Remote ini kalau begitu. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai pengendali alat-alat elektronik seperti TV, AC dan lain-lainnya. Tidak hanya itu, pada brand ponsel Android tertentu, aplikasi ini sudah dilengkapi IR blaster. Namun meski begitu, aplikasi ini bisa digunakan pada hampir semua brand Android.

  1. Gravity Screen

Aplikasi ini meski belum banyak yang mengetahuinya, namun ternyata manfaat luar biasa yang bisa didapatkan ketika menggunakannya yaitu membantu kamu yang mempunyai ponsel Android namun tombol power rusak atau tidak berfungsi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghidupkan ponsel-mu tanpa perlu menggunakan tombol itu lagi.

  1. SoundHound

Kamu mungkin sering mendengarkan lagu di radio yang asyik dan bagus, namun kamu tidak tahu judul lagu tersebut. Nah aplikasi SoundHound ini akan membantumu untuk menemukan judul lagu yang kamu mau dengan cepat. Aplikasi ini mampu untuk mengidentifikasikan lagu serta menampilkan lirik lagu yang sedang kamu cari.

  1. Screen Stopwatch

Aplikasi ini mempunyai tujuan untuk mengurangi waktu penggunaan ponsel pintar. Aplikasi ini akan menunjukkan stopwatch besar pada layar smartphone. Bila angka pada layar tersebut semakin besar, maka artinya kamu semakin lama menggunakan ponsel tersebut. Untuk memperingatkan kamu yang sudah terlalu lama bermain ponsel, aplikasi ini akan mengeluarkan suara seperti detik jam.

Nah itulah aplikasi Android canggih yang harus kamu coba untuk gunakan. Aplikasi-aplikasi di atas, bisa kamu temukan dan unduh di Google Play. Jadi, tunggu apalagi? Ayo coba sekarang dan rasakan manfaat-manfaatnya! Semoga bermanfaat.