Jogjatech Web Developer

Memperhatikan 4 hal dalam membuat website berikut ini dapat membantu kamu dalam pencapaian yang optimal dalam membuat website. Lalu apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika kamu mendesain sebuah website. Berikut ini poin-poin yang perlu kamu perhatikan dalam membuat website.

- Advertisement -
  1. Jangan Memfokuskan Website Hanya Pada Satu Perangkat

Kesalahan utama dan paling umum dalam cara membuat website yang perlu dihindari adalah terlalu memfokuskan tampilan website pada satu perangkat saja.

Saat ini website tidak hanya diakses melalui perangkat komputer ataupun laptop, akan tetapi pengguna website pada era ini kebanyakan sudah mengakses melalui smartphone yang ada pada genggaman tangan mereka. Tentu saja, tidak akan menyenangkan bila tampilan website di smartphone tidak sebagus tampilan website di komputer.

Jadi, ketika kamu mulai mendesain sebuah website maka kamu perlu membuat website yang “mobile friendly” sudah menjadi bagian dari keharusan yang dipenuhi. Untuk menghindari kesalahan ini, penting bagimu untuk membuat website responsive yang dapat diakses dan dilihat dengan nyaman dalam berbagai perangkat, mulai dari laptop, tablet, hingga smartphone.

  1. Membuat Navigasi Website Yang User-Friendly

Kemudahan Navigasi dalam sebuah website merupakan salah satu faktor penting dari kualitas website.

Membuat navigasi website yang tertera secara terstruktur pada halaman website akan memberikan pengalaman akses yang maksimal terhadap apa yang kamu tawarkan. Dengan begitu, kamu dapat membantu pengunjung untuk mengakses informasi yang dibutuhkan lebih mudah dan cepat. Sebaiknya, buatlah menu navigasi yang tidak terlalu banyak dan sederhana, akan tetapi mewakili apa yang kamu tawarkan dalam sebuah website.

  1. Menentukan Halaman Yang Penting Dalam Website

Tidak semua halaman dalam website memiliki tingkat kepentingan yang sama. Gunakanlah aturan 80/20 dalam hal ini. Aturan 80/20 berarti 80 persen traffic dalam website-mu akan didorong oleh 20 persen informasi yang kamu sediakan dalam website. Pada dasarnya, kamu perlu menentukan ke mana 80 persen traffic-mu akan pergi dan highlight lah halaman-halaman tersebut.

Dengan memberikan pelanggan lebih sedikit pilihan langsung, maka kamu membimbing mereka ke arah yang kamu inginkan.

  1. Sebaik Mungkin Dapat Fokus Terhadap Pengguna

Perlu di ingat bahwa tujuan website dibuat adalah untuk dilihat dan digunakan oleh pengguna. Jadi, dalam pembuatan website kamu harus fokus terhadap kenyamanan pengguna ketimbang fokus terhadap informasi perusahaan.

Sebisa mungkin hindari menampilkan informasi perusahaan yang terlalu banyak di homepage, karena pengguna akan jauh lebih tertarik mendapatkan solusi masalah yang kamu berikan melalui website. Jika jawaban tersebut diberikan, barulah pengguna akan meluangkan waktu untuk mencari informasi perusahaan.

Guna meyakinkan pengunjung website terhadap informasi yang diberikan, kamu dapat menyediakan informasi bisnis atau perusahaan pada halaman “services” dan halaman “about”.

Nah diatas adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika kamu mendesain sebuah website, sehingga website yang kamu hasilkan dapat memberikan pengalaman yang luar biasa terhadap pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here