Ada suatu keadaan dimana melakukan screenshot layar laptop sangat penting sekali dan kamu butuhkan untuk melakukan dokumentasi apa yang tertera pada layar, tidak hanya sebagian tangkapan saja yang kamu butuhkan bahkan terkadang semua bagian layar sangat diperlukan untuk diabadikan guna dokumentasi.

Seperti diketahui istilah screenshot adalah suatu yang tak asing lagi bagi kamu pengguna smartphone, tablet, laptop, maupun komputer meja. Jika menggunakan laptop ataupun komputer meja biasanya kamu akan menekan salah satu tombol yang ada pada keyboard untuk melakukan screenshot layar. Akan tetapi sayangnya cara ini hanya akan menangkap tangkapan layar sebatas display saja, lalu bagaimana jika material yang ingin kamu screenshot mempunyai halaman bergulir kebawah (scroll down), maka menggunakan tombol screen saja yang ada pada keyboard laptop kamu tidaklah cukup untuk melakukan hal itu, ya kamu akan membutuhkan sebuah extension atau perangkat lunak tambahan seperti misalnya add on yang dapat kamu tanamkan pada browser pada perangkat laptop.

- Advertisement -

Cara Full Page Screenshoot di Laptop

Salah satu cara melakukan full page screenshot di laptop yang paling banyak digunakan adalah menambahkan perangkat lunak tambahan ataupun extension pada browser di laptop. Ya, jika kamu menggunakan browser Google Chrome kamu dapat menambahkan sebuah Chrome extension “GoFullPage – Full Page Screen Capture” pada browser, dengan extension ini kamu dapat melakukan tangkapan layar semua halaman yang kamu butuhkan.

Cara Menggunakan Chrome extension “GoFullPage – Full Page Screen Capture”

Setelah Anda berhasil melakukan instalasi extension yang diperlukan, maka proses screenshot dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

GoFullPage - Full Page Screen Capture

  • Langkah pertama adalah pastikan layar laptop aktif pada halaman yang ingin di screenshot
  • Lalu tekan tombol GoFullPage – Full Page Screen Capture yang ada pada atas kanan browser Google Chrome milikmu (bergambar icon camera), maka kamu akan dibawa kehalaman hasil Full Page Screen Capture,
  • Selanjutnya kamu dapat menyimpannya dalam bentuk dokumen PDF, Download image (PNG), ataupun menyimpannya dalam bentuk file.

Nah diatas adalah langkah-langkah mudah untuk dapat melakukan Full Page Screenshot di Laptop dengan memanfaatkan Chrome extension yang kamu tanamkan pada browser perangkat laptop Anda. Setelah membaca artikel ini saya berharap dapat menjadi tambahan referensi bagi Anda dalam melakukan screenshot di laptop Anda dan membantu Anda dalam melakukan pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here