Rekomendasi Laptop 2023 dan Spesifikasinya

0
125

Di era digital saat ini, tidak dipungkiri jika hampir setiap pekerjaan membutuhkan gadget untuk membantu menyelesaikan tugasnya. Salah satu gadget yang paling banya dibutuhkan adalah laptop. Laptop banyak digemari karena mudah dibawa, mudah digunakan, dan efisien. Perusahaan-perusahaan pembuat laptop semakin gencar untuk terus merilis laptop dengan inovasi terbarunya. Semakin banyak pilihan laptop yang beredar yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut beberapa rekomendasi laptop tahun 2023 lengkap dengan spesifikasinya.
1. 15-inch M2 MacBook Air

15-inch M2 MacBook Air, Rekomendasi Laptop 2023

Laptop ini merupakan seri MacBook Air pertama yang memiliki besar layar 15 inch. Seri MacBook Air sebelumnya hanya memiliki layar sebesar 13 inch. Seri laptop ini menggunakan chip M2 Apple, menggunakan MagSafe charging, dengan kapasitas penyimpanan 256 GB SSD. Selain itu, seri laptop ini juga menjadi salah satu laptop tertipis dengan ketebalan hanya 0.44 inch. Layarnya yang didukung oleh Liquid Retina IPS yang membuatnya memiliki tampilan yang menakjuban, dan keyboard yang menjadi pilihan laptop terbaik untuk para penulis.

Dengan banyaknya fitur unggul yang ditawarkan, laptop ini dibandrol dengan harga berkisar 21 juta rupiah

2. Lenovo ThinkPad Z13 (Gen 2)

15-inch M2 MacBook Air, Rekomendasi Laptop 2023

Laptop ini merupakan keluaran Lenovo ThinkPad generasi kedua. Seri laptop ini sudah dibekali dengan AMD processor terbaru (chip Ryzen 6000) dan touchpad yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Dengan layar besar (13.3 inch), kapasitas penyimpanan yang besar (RAM 16 GB dan storage 512 GB SSD), serta baterai yang tahan lama. Ketahanan baterai ini kompatibel dengan MacBook, membuatnya menjadi unggulan di kancah Windows. Selain itu, laptop ini juga memiliki resolusi webcam yang sangat baik yaitu sebesar 1080p yang membuatnya menjadi primadona untuk keperluan video conference.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, laptop ini dibandrol dengan harga 20 juta rupiah.

3. Asus Zenbook Pro Duo 14

Asus Zenbook Pro Duo 14, Rekomendasi Laptop 2023

Laptop ini dikenal sebagai laptop terbaik di kategori laptop dual-screen. Kelemahan yang biasanya ditemukan pada laptop dual-screen adalah susah untuk dilihat dan susah untuk digunakan karena peletakannya yang kurang sesuai. Namun ASUS berhasil menempatkan dual-screen nya dengan baik sehingga mudah untuk digunakan. Selain sebagai layar, layar kedua nya dapat digunakan juga sebagai touchpad. Hal ini dapat membantu Anda apabila merasa touchpad yang ada berukuran cukup kecil. Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core i9-13900H, RAM 32 GB, dan ukuran layar 14.5 inch. Terdapat tiga pilihan untuk kapasitas penyimpanan, dimulai dari ukuran 512 GB, 1 TB dan 2 TB.

Dengan keunggulan dual-screennya yang menakjubkan, laptop ini dibandrol dengan harga mulai dari 24 juta sampai dengan 48 juta. Perbedaan harga tersebut terletak pada kapasitas penyimpanan yang Anda pilih.

4. Dell XPS 13 (9315)

Dell XPS 13 (9315), Rekomendasi Laptop 2023

Laptop ini merupakan keluaran dari perusahaan Dell Inc. Dari namanaya memang tidak seterkenal nama merek lain, namun laptop ini dapat menjadi pilihan terbaik dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Laptop ini dibekali prosesor Intel Core i5-1230U dan ukuran layar yang cukup besar yaitu 13.4 inch. Untuk kapsitas penyimpanan yang ditawarkan juga cukup besar, RAM 8GB dan storage 256 GB. Besarnya kapasitas penyimpanan ini dapat disandingkan dengan MacBook Air M1. Laptop ini menjadi salah satu jajaran terbaik laptop yang dapat Anda pilih, dengan kisaran harga hanya 16 jutaan. Tentu dengan perbedaan harga yang lumayan tinggi dengan seri laptop lain, terdapat kekurangan pada kecepatan performanya dengan prosesor yang ditawarkan. Namun Anda dapat mempertimbangkannya dengan fitur unggulan penyimpanannya.

5. HP Spectre Fold

HP Spectre Fold, Rekomendasi Laptop 2023

Laptop ini merupakan laptop 3-in-1 yang dapat digunakan sebagai laptop berlayar 13 inch, tablet berlayar 17 inch, atau desktop berlayar 17 inch. Keyboard nya dapat dipasangkan ketika Anda ingin menggunakannya sebagai sebuah laptop. Laptop ini dibekali prosesor Core Intel i7 dan layar yang sangat besar untuk kalangan laptop. Selain itu, untuk kapasitas penyimpanannya RAM 16 GB dan storage 1 TB SSD. Dengan kapasitas long-life battery, memungkinkan laptop ini dapat digunakan sampai dengan 12 jam dengan mode fold maupun mode detachable. Selain long-life battery, laptop ini juga didukung teknologi fast charging, dapat berisikan daya 50% dalam waktu 45 menit.

Dengan layar yang sangat besar dan beberapa pilihan mode yang dapat digunakan, laptop ini dibandrol dengan harga 79 juta rupiah.

6. LG Gram SuperSlim

LG Gram SuperSlim, Rekomendasi Laptop 2023

LG Gram SuperSlim ini adalah laptop tertipis dari perusahaan LG hingga saat ini. Ketebalannya hanya 1 cm dan berat kurang dari 1 kg membuatnya lebih tipis dan ramping jika dibandingkan dengan MacBook Air Apple yang terbaru. Selain itu, laptop ini dilengkapi dengan layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) sebesar 15 inci yang membuatnya memiliki resolusi layar yang menakjubkan. Fitur lain yang dimiliki laptop ini adalah sudah menggunakan prosesor Intel Core i7-1360 P generasi ke-13.

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki oleh laptop super tipis ini, harga yang dibandrol adalah sekitar 27 juta rupiah.

7. HP Envy x360 (2023)

HP Envy x360 (2023), Rekomendasi Laptop 2023

HP merilis 3 model seri laptop Envy x360 sekaligus tahun ini. Tiga model laptop tersebut berdasarkan ukuran layar yang ditawarkan, ukuran 14 inch, 15 inch, dan 17 inch. Laptop ini dibekali prosesor Intel Core generasi ke 13 (AMD Ryzen 7 7730U) dan kartu grafik yang telah di update. Dari tiga model yang ada, model dengan ukuran 15 inch menjadi laptop pertama yang telah mendapatkan sertifikat IMAX, yang memungkinkan laptop ini menghasilkan suara yang terdengar dari segala arah. Fitur lain yang ditawarkan adalah kapasitas penyimpanannya yang besar, yaitu RAM 16 GB dan 1 TB SSD. Terdapat juga fitur pencahayaan lampu bawaan dari laptop ini sehingga memungkinkan Anda dapat terlihat lebih cerah di layar tanpa menggunakan tambahan pencahayaan dari luar. Selain itu terdapat juga sensor kehadiran yang memungkinkan laptop ini secara otomatis meredupkan cahaya nya ketika Anda menjauh dari layar laptop, dan menerangkannya kembali ketika Anda sudah berada di dekat layar laptop.

Dengan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan, laptop ini dibandrol dengan harga mulai dari 13 jutaan, sesuai dengan model layar yang Anda pilih.

8. Acer Aspire Vero 15 (2023)

Acer Aspire Vero 15 (2023), Rekomendasi Laptop 2023

Acer memperkenalkan seri laptop eco-friendly nya yang terbaru. Klaim eco-frindly ini didasarkan pada material laptop yang terbuat dari 40 % bahan daur ulang. Sehingga seri laptop ini juga dinamakan green PC. Walaupun menggunakan material daur ulang, laptop ini cukup tangguh dimana dapat menahan gaya sebesar 20kg, engsel tahan lama, dan tahan jatuh dari ketinggian 28 cm. Seri laptop ini dibekali Intel Core prosesor generasi ke 13 (i5-1155G7), layar cukup besar (15.6 inch), kapasitas penyimpanan yang besar (RAM 8GB dan storage 512GB SSD) dan teknologi webcam terbaru. Selain itu, laptop ini juga dibuat tanpa menggunakan cat, sehingga terdapat 3 warna pilihan yang terinspirasi dari alam, yaitu warna hijau cypress yang mengingatkan akan pohon, warna mariana blue yang mengingatkan lautan, dan abu cobblestone yang mengingatkan tentang batu dan tujuan vero.

Dengan konsep ramah lingkungan yang ditawarkan dan ketangguhannya, laptop ini dibandrol dengan harga 11 juta rupiah.

Sumber:

GearPatrol.com (The Best New Gadgets to Keep on Your Radar)
Acer.com (Aspire Vero)
LG.com (LG Gram UltraSlim)
The verge.com (Best laptop 2023: 15 best laptops you can buy)
Digitaltrends.com (10 best laptops of 2023: tested and reviewed)
Hp.com (Didesain oleh kreator untuk creator)