Sepanjang yang saya ketahui untuk keperluan pengiriman file secara online banyak sekali bahkan diharuskan untuk mengirimkan file dalam format PDF, ya tidak salah lagi jenis berkas PDF adalah sebuah file dokumen yang banyak digunakan dan menjadi sebuah keharusan dalam pengiriman sebuah berkas. Akan tetapi terkadang cukup merepotkan jika pada perangkat komputer atau laptop Anda tidak terdapat sebuah software khusus untuk melakukan convert file dari word ke PDF, jika demikian maka Anda tidak perlu terlalu merasa khawatir karena kamu bisa saja memanfaatkan fasilitas convert PDF secara online yang dapat kamu  temukan di internet.

Saat kamu merasa kesulitan karena tidak terdapat software khusus untuk melakukan convert file pekerjaan Word ke PDF, maka di internet dapat kamu dapat temukan beberapa situs web yang memfasilitasi untuk melakukan convert file Word ke format PDF secara online, kamu hanya butuh koneksi internet untuk semua itu.

Bahkan beberapa situs secara online memberikan fasilitas gratis untuk kamu untuk melakukan convert file Word ke PDF. Kamu hanya cukup sabar dalam mencarinya di internet dan menemukan situs tersebut. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mencari software khusus dan menginstalnya terlebih dahulu ke perangkat komputer untuk melakukan convert PDF.

Berikut adalah beberapa situs penyedia convert word ke pdf yang dapat digunakan secara online dan tentunya gratis.

Cara Melakukan Convert File Word ke PDF Secara Online

  1. Adobe

Ya, Adobe adalah sebuah perusahaan asal Amerika yang menyediakan software Adobe Acrobat. Akan tetapi jika kamu atau saya mengunjungi situs web milik Adobe, maka kamu juga akan menjumpai sebuah fitur yang menarik bahwa perusahaan ini juga menyediakan convert file ke PDF secara online. Jika menggunakan Acrobat kita harus memiliki pengetahuan khusus, maka untuk melakukan convert PDF secara online melalui website Adobe, kamu cukup hanya menyediakan berkas word lalu melakukan upload berkas, lalu klik convert, selesai, mudah kan.

  1. SmallPDF

Smallpdf adalah perangkat lunak PDF yang bakal menjadi solusi bagi Anda bahkan akan Anda sukai. Jika kamu mengunjungi situs web SmallPDF, maka kamu akan menemukan semua alat yang akan kamu butuhkan untuk memulai melakukan convert ke PDF untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda.

  1. ILovePDF

Ya, tentu saja ILovePDF juga merupakan situs penyedia convert PDF secara online yang bisa menjadi salah satu rujukan untuk menyelesaikan masalah convert PDF pekerjaan Anda. Saat saya mengunjungi situs ILovePDF, maka disana saya dapat menemukan fasilitas untuk melakukan convert PDF secara online dan gratis tentunya. Nah bagaimana dengan Anda? tentu tidak ada salahnya kamu mencoba dari beberapa situs penyedia convert file PDF secara online diatas, dan sudah tentu akan membantu menyelesaikan pekerjaan Anda dalam melakukan convert file PDF.

Tips melakukan convert file PDF secara online

Sebenarnya tidak ada tips khusus untuk melakukan convert file word ke PDF secara online. Anda cukup menyediakan dokumen word yang telah benar-benar siap untuk di convert ke PDF, artinya Anda harus memeriksa pekerjaan Anda terlebih dahulu bahwa pekerjaan telah terselesaikan dengan baik, lalu Anda mengunjungi situs online convert PDF, lalu mengupload dan klik convert, selesai.

Selain itu, Anda hanya perlu memeriksa kembali file hasil convert PDF, dan memastikan bahwa isi berkas dari hasil convert benar-benar sudah benar dan tidak rusak.