Drone saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih, bahkan mampu melakukan berbagai fungsi, seperti membantu di dalam memadamkan api dengan menyemprotkan air, menjadi alat untuk membantu tugas kemiliteran, dan membantu dalam memetakan tanah. Namun di luar kegunaan itu semua, drone juga sangat membantu para fotografer untuk bisa membidik gambar-gambar yang menarik dengan kualitas terbaik. Drone kamera profesional untuk fotografi ini salah satunya adalah Mavic Air 2 yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat luar biasa.

Keberadaan drone kamera saat ini semakin banyak diminati dengan berbagai tujuan penggunaan. Mulai dari untuk hiburan saja, melakukan pemotretan pada objek tertentu dan pengambilan video dari ketinggian, menjadi ajang perlombaan, hingga digunakan untuk memantau suatu lokasi yang terkena bencana alam. Dengan demikian, drone kamera ini pun selain bisa memberikan kesenangan tersendiri, juga memberikan manfaat yang sangat besar untuk lingkungan.

Misalkan saja pada drone Mavic Air 2 yang dilengkapi dengan sensor canggih berupa obstacle yang terletak di bagian depan dan belakang drone. Di mana ketika sensor tersebut diaktifkan, maka akan bisa membantu pilotnya untuk terhindar dari tabrakan yang selama sensor tersebut mengenalinya. Tentu hal ini akan sangat baik dari segi keamanan yang disediakan. Bahkan dari segi keamanan lainnya, drone ini akan dapat berhenti dengan otomatis ketika memasuki tempat yang dideteksi berbahaya. Di mana fitur ini dinamakan dengan Geofencing. Dan sensor lainnya juga dimiliki oleh Mavic Air 2, yang mana sensor ini sangat memungkinkan drone untuk bisa melakukan landing secara otomatis.

Bagaimana Kualitas Dari Hasil Jepretan Mavic Air 2?

Perlu diketahui bahwa drone kamera profesional Mavic Air 2 ini tidak hanya bisa Anda andalkan untuk menjepret gambar saja. Drone ini juga memungkinkan bagi Anda untuk bisa mengambil video dengan kualitas baik dari ketinggian. Kamera yang dimiliki oleh Mavic Air 2 adalah sebesar 12 MP dengan sensor ½ inch Quad Bayer. Di mana hal ini bisa memberikan hasil gambar yang sangat cerah pada semua level ISO yang ada.

Sedangkan pada lensa kamera di drone Mavic Air 2 ini disediakan focal length ekuivalen 24 mm yang memiliki aparture f/2.8. Fokus dari lensa ini diatur pada jarak hyperfocal dan depth of field yang lumayan dalam untuk Anda bisa mendapatkan gambar yang lebih tajam.

Bagi fotografer, memilih Mavic Air 2 untuk mendapatkan gambar terbaik adalah pilihan yang sangat tepat. Di mana drone jenis ini juga telah didukung dengan adanya format RAW (DNG), berupa manual kontrol yang diperuntukkan pada kamera, serta dilengkapi juga dengan Hyperlight, HDR Photo, dan Scene Recognition dengan hasil gambar yang berupa format JPEG.

Hyperlight dalam drone ini merupakan mode yang memungkinkan Anda untuk memotret secara low-light. Sedangkan Scene Recognition merupakan mode yang memungkinkan kamera tersebut untuk bisa mengenali 5 tipe scene yang berupa grass, snow, sunset, blue sky, dan trees.

Selain itu, jika Anda akan mengambil video dengan menggunakan Mavic Air 2, telah didukung dengan resolusi Full HD sebesar 2.7 K dan 4 K yang fps-nya mencapai 30 fps. Serta bitrate dari videonya tersedia sebesar 120 Mbps dan didukung dengan kompre H.265, yang sangat memungkinkan dengan baik untuk bisa Andaa upload di Youtube.

Perhatikan Perawatannya Agar Tetap Awet

Sebagian harga drone kamera profesional memiliki harga yang cukup tinggi, namun hal tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikan. Dengan begitu, perawatannya pun harus selalu diperhatikan agar selalu awet.

Drone DJI Mavic Air 2, Photo: DJI

1.    Rajin Mengecek Frame Drone

Penggunaan drone dalam durasi yang lama, terutama pada Mavic Air 2 yang berdurasi sekitar setengah jam, pastikan jika Anda selalu mengeceknya setelah pemakaian. Pengecekan fisik ini berguna untuk mengetahui adanya kerusakan sehingga bisa segera diperbaiki secepatnya.

2.    Pengisian baterai Hingga Full

Pastikan jika Anda menggunakan drone tersebut, baterai dalam kondisi full atau paling tidak berada di atas 50%. Lalu, hindari juga untuk melakukan pencabutan jika pengisian baterai belum mencapai 100%. Hal ini bisa membuat drone Anda menjadi rusak.

3.    Rajin Membersihkan Motor Penggerak

Motor penggerak yang sudah terlalu banyak debu akan mengganggu gerakan dari baling-baling. Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan motor penggerak secara rutin.

4.    Simpan Di Tempat Aman

Penyimpanan drone upayakan untuk terhindar dari basah dan lembab. Hal ini bisa mempengaruhi rangkaian panel yang dapat menyebabkan konslet. Jadi, pastikan jika tempat tersebut adalah tempat yang kering.

Jadi, melihat betapa berharganya drone kamera profesional Mavic Air 2 untuk para fotografer karena kualitas hasil yang baik, sehingga pastikan jika perawatannya diperhatikan agar memiliki performa yang selalu baik.

Nah, diatas adalah ulasan singkat mengenai perawatan drone agar memiliki performa yang berkualitas, selamat mencoba, terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here