Baru saja rilis 11 Agustus 2020 kemarin, ponsel ini sudah jadi buah bibir, para netizen, lantaran video unggahan resminya. Adalah video oprek, dengan tampilan sederhana dan lugas, yang secara tidak langsung menyebutkan dan menampilkan bagaimana komponen detail serta fitur yang ditampilkan pada produk Xiaomi Mi 10 Ultra keluaran terbaru kali ini.

Kamera

Dimulai dari kamera depan, yang posisinya di bagian sudut kiri layar. Adalah sebuah kamera tunggal, dengan resolusi yang sangat menarik, dan membuat para penggemar selfie akan senang karenanya. Tidak main-main, kamera beresolusi 20MP disematkan di kamera depan.

Ternyata selain dapat digunakan untuk mengambil gambar, juga dapat digunakan untuk mengambil video. Hasil video yang berhasil didapat adalah HDR dengan 1080 P.

Ukuran layar

Ponsel besutan Xiaomi kali ini memang mempunyai ukuran yang cukup besar, sekitar 6,67 inch. Yang menarik adalah, ponsel ini, dibingkai dengan bezel tipis, dengan tampilan antarmuka MIUI 12. Untuk melindungi layar, disematkan pula Gorilla Glass 5, sedangkan untuk bagian belakang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6. Dibantu oleh OLED Capacitive touchscreen, dan resolusi 1080 x 3240 p, dan 800 units type. brightness, membuat penampilan layar jadi tampak semakin jernih.

Xiaomi Mi 10 Ultra Camera
Xiaomi Mi 10 Ultra Camera, Photo: mi.

Kamera belakang

Beralih ke bagian belakang, hal pertama yang akan dibahas adalah kamera belakang. Berbeda dengan depan, kali ini Anda akan menemukan 4 buah kamera, yang terdiri atas kamera wide 48 MP, lalu Periskop telefoto juga 48 MP, telefoto 12 Mp, dan terakhir ultrawide yang berukuran 20 MP. Ditambah dengan fitur Dual LED, dual tone flash HDR dan panorama, memuat kegiatan berfoto jadi terasa lebih menyenangkan. Jangan khawatir masalah kualitas video, karena hasilnya tidak jauh berbeda dengan kualitas foto yang dihasilkan.

Untuk lebih memanjakan para konsumennya, Xiaomi, atau Xiaomi Mi 10 Ultra juga menyematkan sensor IMX586, pada kamera wide 48 MP.

Dapur pacu

Untuk Anda yang membutuhkan ponsel NFC berkualitas, maka ini akan jadi salah satu pilihan tepat. Selain itu, untuk menyempurnakan performa ponsel, dibekali pula chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865, dan processor Octa Core. Ini yang membuat kecepatan penggunaan ponsel jadi bertambah cepat, Anda pun akan semakin nyaman menggunakan ponsel tersebut.

Untuk mengimbangi performa ponsel yang cepat, dan untuk menjaga kinerjanya tetap efektif, Xiaomi Mi 10 Ultra juga dibekali dengan lembaran graphene yang dikombinasikan pada ruang pendingin tembaga dan juga uap, tepat d bawah panel depan. Ini yang membuat ponsel tetap terasa dingin, walau pemakaiannya berlebih.

Platform

Untuk platform sendiri, Xiaomi Mi 10 Ultra ini menggunakan android edisi terbaru, yaitu android 10, MIUI 12. Memori internal dan RAM yang disematkan kali ini cukup beragam, dan membuat para konsumen, dapat memilih ukuran yang dinilai sesuai. Adapun ukuran yang dimaksud adalah :

  • Memori internal 128 GB, RAM 8 GB.
  • Memori internal 256 GB, RAM 8 GB.
  • Memori internal 256 GB, RAM 12 GB.
  • Memori internal 512 GB, RAM 16 GB.

Baterai

Yang menarik disini adalah baterai, tidak hanya menggunakan ukuran yang besar, yaitu ukuran 4.500 mAh. Tapi juga sistem pengisiannya yang terbilang cepat. Dari o% hingga 100 %, hanya dalam hitungan 40 menit. Dengan menggunakan batuan pengisian nirkabel berkekuatan 50 watt.

Sedangkan jika menggunakan model fast charging 120 watt, maka baterai bisa diisi dalam kurun waktu 23 menit. Anda yang mempunyai aktivitas padat, dan memutuskan performa ponsel prima, maka ini akan jadi salah satu referensi terbaik untuk Anda.

Aplikasi tambahan

Selain fitur-fitur inti, ada juga beberapa fitur-fitur tambahan yang juga disematkan pada Xiaomi Mi 10 Ultra tersebut, misalnya saja :

  • Adanya film dengan konduktivitas tinggi yang sengaja ditambahkan, tepat di antara pemindai sidik jari Optis dan OLED. Fungsinya adalah untuk membantu mereduksi panas yang ada di bagian layar.
  • Earpiece yang fungsinya sebagai speaker kedua, pada suara stereo ponsel.
  • Selain fitur fingerprint, ada juga fitur lain seperti accelerometer, proximity, gyro, compass, dan juga barometer, Anda temukan di ponsel ini.

Konektivitas

Untuk masalah yang satu ini, tentunya Anda tidak perlu khawatir, pastinya sudah menggunakan jaringan 4G, dan bahkan support untuk jaringan 5G. Jadi jaringan 2G, 3G atau bahkan HSDPA, sudah tidak perlu ditanyakan lagi kekuatannya.

Berikutnya untuk jaringan Wifi, menggunakan 802.11, dengan dual band, WiFi Direct dan support DLNA Hotspot.  Demikian pula untuk jaringan Bluetooth, menggunakan 5.1 A2DP. Sedangkan untuk GPS menggunakan dual band A-GPS, GLONASS BDS, GALILEO, dan juga QZSS.

Yang menarik adalah ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor infrared, yang akan memudahkan Anda menggunakan beberapa fitur atau aplikasi khusus di app store. Dilengkapi dengan USB 2.0, yang akan memudahkan Anda meng-copy data dari Hp ke PC atau sebaliknya.

Warna

Produk Xiaomi Mi 10 Ultra ini sendiri dipasarkan dengan 3 buah koleksi warna, mulai dari Obsidian Black, Transparent Edition dan Mercury Silver. Kali ini para konsumen seperti Anda dapat memilih salah satu koleksi warna yang dinilai tepat, bahan sesuai dengan kepribadian Anda.

Adapun harga yang dibandrol untuk ponsel ini, mengingat ukuran RAM dan memori internalnya yang beragam, pastinya harga yang ditawarkan juga beragam. Sebaiknya Anda mempersiapkan budget mulai dari 11,2 juta rupiah, hingga 14,8 juta rupiah.