Advertisement

Layar lipat, selfie pop-up, jumlah kamera yang terus bertambah hingga aneka bentuk poni adalah berbagai teknologi yang hadir menyemarakan dunia gadget pada tahun 2019 lalu. Pada 2020 tahun ini teknologi ponsel pintar atau lebih dikenal dengan sebutan smartphone pun akan semakin maju dan memunculkan tren-tren yang baru atau mungkin sebagian merupakan kelanjutan dari tren yang sebelumnya yang semakin terkemuka. Berikut adalah prediksi-prediksi tren ponsel pintar 2020 seperti dihimpun dari web Slashgear:

- Advertisement -

Beberapa Tren Ponsel Pintar 2020 yang Diprediksi akan Hadir

  1. Kesehatan Mental Pengguna Diperhatikan Lebih

Selama bertahun-tahun ini, banyak pengguna atau konsumen gadget yang mengalami kecanduan menatap layar maupun sangat terobsesi dengan pencapaian pada sosial media. Dahulu masalah-masalah seperti ini sering terabaikan dan dibiarkan begitu saja. Namun, belakangan ini masalah-masalah ini mulai diperhatikan lebih oleh para pabrikan gadget. Perusahaan-perusahaan gadget saat ini mulai memprioritaskan urusan kesehatan pengguna terutama kesehatan mental. Contohnya saja, Google kini mewajibkan mode screen-off pada Android sehingga membantu pengguna untuk mengendalikan kebiasaan memakai gadget.

  1. Meluasnya 5G

Teknologi 5G memang sudah digaungkan sejak beberapa tahun lalu, namun di tahun ini diperkirakan menjadi semakin matang dan menyebar luas di masyarakat sehingga menjadi tren ponsel pintar 2020. Pada tahun ini juga diprediksi jika ponsel pintar 5G akan lebih banyak bermunculan di pasaran.

  1. Semakin Canggihnya Augmented Reality dan Artificial Intelligence

Dua jenis teknologi ini diprediksi akan semakin canggih pada tahun ini melalui penambahan hardware khusus seperti sensor gesture yang ada di ponsel pintar Google Pixel 4. Tenaga olah komputasi pun semakin besar sehingga ponsel pintar yang akan datang akan dapat menjalankan berbagai fungsi yang berkaitan dengan AL dan AR yang lebih kompleks.

  1. Mengemukannya Layar Ganda dan Layar Lipat

Produk-produk ponsel pintar dengan layar lipat muncul pertama pada tahun 2019 lalu walaupun terkendala dengan beberapa masalah pada desain. Menjelang akhir tahun lalu, cukup banyak pabrikan yang mengeluarkan produk ini. Pada tahun 2020, para pabrikan diprediksi akan merilis generasi yang kedua yang lebih matang dari produk ponsel lipat ini. Bahkan pabrikan lainnya pun di tahun 2020, ada yang mulai melakukan eksperimen dengan layar ganda.

  1. Flagship Killer yang Kembali

Terus dinanti pada tahun 2019 oleh penggemar, Poco F1 yang merupakan sub-brand Xiaomi mencuri perhatian pada 2018 lalu karena menawarkan spesifikasi yang setara dengan ponsel flagship dengan harga yang miring, namun malah tidak kunjung rilis. Akan tetapi kiprah dari Pocophone dikatakan belum tamat karena vendor ini dikabarkan akan merilis flagship killer yang berikutnya pada 2020 ini. Bahkan beberapa nama brand lainnya diprediksi juga akan merilis ponsel dengan spesifikasi tinggi ini tapi harganya lebih miring dan bersahabat.

Demikian pembahasan mengenai beberapa tren ponsel pintar 2020 yang diprediksi akan hadir menyemarakan dunia gadget. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Previous articleDirilis Google, Apa Saja Fitur Baru Android 11 Beta?
Next articleTelkom Group, IndiHome dan Telkomsel Resmi Buka Blokir Netflix
Tech News, Gadgets, Tutorial, IT Solution, Web Developer