Samsung Galaxy A Quantum, Bekerja sama dengan SK Telecom, Samsung baru saja merilis ponsel pintar dengan keamanan khusus bernama Galaxy A Quantum. Dimana smartphone ini diklaim dibekali dengan teknologi Quantum Random Number Generator (QRNG).

Galaxy A Quantum sebenarnya merupakan Galaxy A71 5G yang di rebranded dan diberi perangkat tambahan berupa chip keamanan QRNG (quantum random number generator) SKT IDQ S2Q000.

SKT IDQ S2Q00 merupakan chipset QRNG terkecil di dunia dengan dimensi 2,5mm x 2,5mm. Chipset ini diklaim dapat menciptakan angka yang benar-benar acak dengan pola yang tidak dapat diprediksi.

Informasinya, Chipset QRNG ini dapat diandalkan untuk mengamankan data-data sensitif yang ada pada ponsel lewat proses enkripsi sehingga lebih sulit untuk diretas.

Pasalnya, proses enkripsi berupa angka acak tersebut dibuat menggunakan LED dan sensor CMOS dengan pola yang tidak bisa diprediksi.

Menurut keterangan SK Telecom, dengan dibekali chipset SKT IDQ S2Q00, maka Galaxy A Quantum merupakan salah satu ponsel paling aman yang ada di pasaran saat ini, sebagimana diklaim tidak ada teknologi di luar sana yang bisa meretas chipset bernama SKT IDQ S2Q00 tersebut.

Kabarnya Galaxy A Quantum telah dijual perdana di Korea Selatan pada 22 Mei dengan harga 649.000 Won, dimana Samsung menyajikan tiga pilihan warna yaitu hitam, biru dan silver.