Samsung baru saja meluncurkan 2 produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy Note 20. Ponsel pintar ini dirilis bersamaan dengan Galaxy Note 20 Ultra yang merupakan produk flagship terbaru Samsung dengan spek yang lebih mumpuni. Duo flagship Samsung ini menjadi penerus dari seri Galaxy Note 10 yang rilis tahun lalu.

Sebagai ponsel baru, Galaxy Note 20 tentu hadir dengan beberapa peningkatan spesifikasi dan fitur dibandingkan seri sebelumnya mulai dari ukuran layar, desain, bahasa, dan jeroan. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra.

Desain
Galaxy Note 20 hadir dengan desain Infinity-O yang menjadi ciri khas Samsung dan memiliki bezel tipis. Punch hole di bagian atas menjadi rumah untuk kamera selfie yang memiliki resolusi 10 mp. Untuk dimensinya, Galaxy Note 20 memiliki ukuran 16,16 x 7,52 x 0,83 cm dengan bobot 192 gram. Note 20 Ultra dengan dimensi yang lebih besar juga memiliki bobot yang lebih berat yaitu 208 gram.

Layar
Galaxy Note 20 hadir dengan layar yang cukup besar yakni 6,7 inci. Ukuran ini lebih besar dari generasi pendahulunya yang mengusung layar 6,3 inci. Selain itu, ponsel pintar ini juga hadir dengan tepi layar yang datar dan dilengkapi dengan punch hole atau lubang kamera di tengah atas layar. Untuk teknologi layarnya, ponsel ini menggunakan layar Super AMOLED Plus dengan resolusi 2345 x 1084 piksel dan refresh rate 60 Hz.

Sementara itu, Note 20 Ultra dibekali dengan layar yang berukuran lebih besar yaitu 6,9 inci. Resolusi yang diusung oleh varian Ultra pun lebih tinggi yakni 3096 x 1444 piksel dengan refresh rate 120 Hz. Keduanya hadir dengan desain layar infinity-O.

Stylus Pen
Sama seperti pendahulunya, ponsel pintar ini juga sudah dilengkapi dengan Stylus (S) Pen yang ditempatkan di lubang bagian bawah bodi smartphone. Aksesoris stylus-Pen yang digunakan ini menggunakan Bluetooth low energy sehingga memungkinkan para pengguna untuk mengoperasikan ponsel tanpa menyentuh layar.

Hardware
Samsung Galaxy Note 20 Series telah dibekali dengan chip Exynos 990 dan memori RAM 8 GB. Kapasitas ruang penyimpanan yang diberikan juga sangat lega yakni 256 GB. Untuk seri Galaxy Note 20 Ultra, Samsung menyediakan 2 varian ruang penyimpanan yakni 256 GB dan 512GB yang dapat diekspansi hingga 1 TB melalui microSD.

Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra camera
Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, Photo: Samsung.

Kamera
Kamera menjadi salah satu fitur yang paling menarik perhatian dari ponsel pintar Samsung terbaru ini. Sebenarnya baik Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra sama-sama mengusung 3 kamera belakang yang tersusun secara vertikal dengan LED flash. Kamera tersebut terdiri dari kamera wide angle beresolusi 12 MP, kamera telephoto 64 MP, dan juga kamera ultra wide 12 mp dengan 3 kali perbesaran hybrid optikal dan 30 kali super resolution zoom.

Salah satu perbedaan yang diusung oleh kedua ponsel terbaru Samsung ini terletak di bagian kamera belakang. Walaupun keduanya sama-sama mengusung 3 kamera belakang, namun kamera tersebut memiliki konfigurasi yang berbeda. Varian Galaxy Note 20 Ultra hadir dengan kamera wide 108 MP. Spesifikasi ini lebih unggul dibandingkan Galaxy Note 20 yang mengusung kamera belakang 64 MP.

Selain itu, tersedia pula fitur OIS untuk menstabilkan gambar dan memudahkan fokus. Jepretan kamera belakang dari kedua ponsel tersebut mampu menghasilkan warna yang berkualitas. Jadi warna yang dihasilkan tidak berlebihan dan terlihat jelas. Selain itu, warna di foto juga sama seperti warna aslinya dan tidak melenceng seperti kebanyakan kamera yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan yang menyebabkan warnanya terlihat mencolok.

Foto yang dihasilkan akan terlihat lebih baik jika diambil dengan kondisi pencahayaan yang cukup misalnya di luar ruangan. Bidang pandang kamera ultra wide mencapai 120 derajat sehingga mampu memuat area yang luas.. Selain itu, fitur unggulan lainnya dari varian Note 20 Ultra adalah zoom yang mencapai 50 kali. Namun, gambar mulai agak buram ketika diperbesar sampai 20 kali.

Selain itu, tingkat keburamannya juga bertambah ketika diuji dengan perbesaran maksimal. Fitur portrait pada kamera belakang ponsel ini mampu memberikan efek blur pada background atau bokeh. Menariknya, bokeh yang dihasilkan pun cukup rapi dan tidak terkesan berlebihan. Para pengguna dapat mengatur tingkat blur sesuai dengan keinginan.

Baterai dan Sistem Operasi
Galaxy Note 20 hadir dengan baterai berkapasitas 4200 mAh. Kapasitas ini sebenarnya tergolong standar untuk ponsel pintar masa kini. Sementara itu Note 20 Ultra hadir dengan ukuran layar 4500 mAh. Untungnya, Samsung telah membekali ponsel pintar ini dengan fitur Fast Charging 25Watt. Untuk sistem operasinya, Galaxy Note 20 hadir dengan OS Android 10 dengan Intuitive One UI. Ini adalah sistem operasi Android baru karena dirilis pada tahun 2020 oleh Google.

Fitur Pendukung
Sejumlah fitur pendukung juga tidak ketinggalan disematkan pada ponsel terbaru Samsung ini. Beberapa fitur lain yang diusung oleh Samsung Galaxy Note 20 antara lain adalah konektivitas 5G, Bluetooth 5.0, NFC, usb Type-C, WiFi, dan in-display fingerprint.

Harga
Galaxy Note 20 dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif di kelasnya yakni Rp 14 jutaan. Sementara itu untuk Note 20 Ultra dipasarkan dengan harga Rp 18 jutaan untuk varian 256 GB dan Rp 20 jutaan untuk varian 512 GB. Ponsel ini tersedia dalam 3 varian warna yakni Mystic Gray, Mystic Green, dan Mystic Bronze.