Samsung secara resmi telah meluncurkan dua tablet terbarunya melalui Samsung Galaxy Tab S7 dan juga Galaxy Tab S7 Plus. Kedua produk ini merupakan generasi penerus Samsung Galaxy Tab S6 yang diluncurkan oleh Samsung pada tahun 2019 kemarin. Galaxy Tab S7 dan S7 Plus ini diperkenalkan oleh Samsung bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra.

Tablet Samsung terbaru ini disebut-sebut mampu meningkatkan produktivitas penggunanya. Walaupun sama-sama dari anggota Galaxy Tab S7,spek yang diusung oleh kedua tablet anyar ini memiliki beberapa perbedaan. Lantas seperti apa spesifikasi dari tablet terbaru Samsung ini? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!

Desain dan Layar
Desain yang diusung oleh kedua tab ini identik dengan pendahulunya Perangkat ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz sehingga para pengguna akan dimanjakan saat menonton film maupun bermain game. Galaxy Tab S7 Plus hadir dengan diagonal layar yang besar dibandingkan varian reguler yakni 12,4 inci Super Amoled dengan resolusi 2800 x 1572 piksel.

Sementara itu varian reguler hanya dibekali dengan layar 11 inci dengan panel layar berjenis IPS dan memiliki resolusi 2560 x 1600 piksel. Dengan dimensi layar yang lebih besar, Galaxy Tab S7 Plus memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan versi biasa yaitu 575 gram sedangkan varian reguler hanya 502 gram.
Secara umum, desain duo tablet ini sama-sama memiliki bezel yang tipis di bagian kanan, kiri, atas, dan bawah. Selain itu, keduanya juga memiliki modul kamera depan di bagian atas dan kanan layar. Untuk detail dimensi fisiknya, Galaxy Tab S7 reguler memiliki ukuran 16,5 x 25,3 x 0,6 cm sedangkan S7 Plus memiliki dimensi 18,5 x 28,5 x 0,57 mm.

Sensor Sidik Jari
Untuk fitur keamanannya, Galaxy Tab S7 dan S7 Plus sudah didukung dengan fitur sensor sidik jari. Pada varian reguler, sensor tersebut disematkan di sisi perangkat sedangkan pada S7 Plus berada di bawah permukaan layar.

Baterai
Baterai yang ditawarkan oleh tablet Samsung terbaru ini tergolong sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Varian reguler mengusung baterai berkapasitas 8000 mAh. Sementara itu Galaxy Tab S7 Plus hadir dengan baterai yang besar yakni 10.090 mAh. Untuk mendukung kenyamanan penggunanya, tablet ini sudah didukung dengan fitur fast charging 45 watt sehingga pengguna tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya perangkat sampai penuh.

Samsung DeX Ubah Tablet Jadi PC Desktop
Untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya, Samsung telah menghadirkan aksesoris Samsung DeX. Aksesoris tersebut memungkinkan tablet ini digunakan seperti PC Desktop. Jika tablet ini dihubungkan ke monitor eksternal, pengguna bisa langsung melakukan kegiatan seperti saat mengoperasikan komputer pada umumnya. Sayangnya, Samsung DeX akan dijual secara terpisah dengan perangkat tersebut sehingga Anda harus mengeluarkan budget ekstra untuk menggunakannya.

Hardware dan Software
Tablet terbaru Samsung ini hadir dengan chipset Snapdragon 865 Plus yang memiliki kecepatan 3,1 GHz dan sudah support 5G. Chipset ini ditandemkan dengan RAM berkapasitas 6 GB atau 8 GB. Untuk ruang penyimpanannya, tablet ini tersedia dalam varian 128 GB dan 256 GB. Jika memori tersebut dirasa masih kurang, pengguna dapat mengekspansinya dengan microSD sampai kapasitas 1 TB. Untuk sistem operasinya, perangkat ini hadir dengan sistem operasi Android terbaru yakni Android 10 dengan antaramuka One UI 2.0.

Kamera
Untuk keperluan berfoto, kedua tablet ini sudah dilengkapi dengan 3 kamera. Dua kamera belakang memiliki resolusi 13 mp dan kamera ultrawide 5 mp. Sementara itu kamera depan memiliki resolusi 8 mp. Fitur kamera pada kedua tablet ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti Night Mode, Single Take, Front & Back Conversion Recording, Night Hyperlapse, dan kemampuan merekam video 4K.

Aksesoris Pendukung
Tidak ketinggalan, Samsung juga telah menyematkan fitur S-Pen yang menjadi ciri khas Samsung pada dua tablet baru ini. Aksesoris ini dapat digunakan untuk berbagai tugas seperti menggambar di aplikasi, mencatat di Noteshelf, mengedit video di Clip Studio, dan masih banyak lagi. Menariknya, S-Pen tersebut juga sudah dilengkapi magnet dan dapat ditempelkan ke punggung tablet ketika sedang tidak digunakan. Selain itu, Samsung juga sudah menyediakan fitur pendukung lainnya berupa cover keyboard.

Fitur Lainnya
Ada beberapa fitur pendukung yang telah dihadirkan pada Galaxy Tab S7 dan S7 Plus seperti Bluetooth 5.0, NFC, USB Type-C, face recognition, dan WiFi. Samsung juga telah menyematkan beberapa aplikasi bawaan untuk meningkatkan produktivitas penggunanya melalui Canvaa, Noteshelf, dan Clip Studio.

Harga
Tablet penerus dari Galaxy Tab S6 ini rencananya akan mulai dipasarkan mulai musim gugur tahun 2020. Untuk harganya, Galaxy Tab S7 akan dipasarkan dengan harga USD 649 sedangkan Galaxy Tab S7 Plus akan dibanderol dengan harga USD 849. Galaxy Tab S7 series akan hadir di pasaran dalam 3 varian warna yaitu Mystic Silver, Mystic Bronze, dan Mystic Black.

Untuk aksesoris tambahan yang memungkinkan tablet ini dioperasikan seperti laptop, pengguna perlu mengeluarkan biaya sekitar 199,99 USD untuk Tab S7 reguler sedangkan untuk Tab S7 Plus sebesar 229,99 USD.

Sampai saat ini belum ada informasi apakah Galaxy Tab S7 series ini akan diluncurkan di Indonesia atau tidak. Namun spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh tablet terbaru Samsung ini tentu sangat menarik perhatian.