Santer terdengar kabar terbaru bahwa dalam waktu dekat para pengguna internet Telkomsel akan dapat mengakses kembali konten-konten dari Netflix.

Kronologi Pemblokiran Netflix

Terhitung sejak Januari 2016 maka Telkom pun mulai memblokir akses Netflix. Keputusan Telkom Group untuk melakukan pemblokiran Netflix tersebut membuat para pengguna Indihome, dan WiFi.id, serta Telkomsel tidak dapat mengakses layanan video streaming Netflix yang berasal dari Amerika Serikat tersebut.

Keputusan tersebut diambil karena Netflix tidak memiliki izin dan dalam operasinya juga tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia, dengan memuat berbagai konten terlaramg yang seharusnya tidak boleh tayang dan diakses oleh para pengguna produk layanan Telkomsel grup. Telkomsel selalu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus bisa menjadi contoh dan wajib menjunjung tinggi ketentuan Negara serta menjaga Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI).

Perkembangan Netflix Terkini

Namun dalam perkembangannya kini konten-konten Netflix mulai tertata rapi, dan kini Netflix dikelola dengan cara yang berbeda. Antara lain ialah fitur Parental control nya sudah menjadi lebih baik, selain itu Netflix juga sudah lebih banyak bekerja sama dengan berbagai produsen konten lokal, lalu juga adanya take down policy yang jauh lebih baik daripada sebelumnya dan lain sebagainya. Dengan perubahan dan semakin membaiknya image Netflix maka pihak Telkomsel pun mulai melunak dan kabrnya dalam waktu dekat akan bisa dilakukan untuk mengakses konten-konten Netflix lagi dan membuka blokirnya. Tak lama lagi Netflix pun akan bisa diakses kembali dengan melalui network milik Telkom dan terbuka blokirnya. Saat ini sedang dilakukan penjajakan kerja sama yang serius guna menuju ke tahap ini. Pembukaan blokir Netflix ini diduga sebagai upaya untuk mendukung program isolasi di rumah dalam rangka memerangi dan mencegah penularan wabah virus Covid 19 atau yang juga sering disebut sebagai virus Corona yang berasal dari Wuhan RRC tersebut. Dengan adanya pilihan tontonan beragam konten dari Netflix tersebut maka diharapkan banyak yang akan betah dan terus berada di rumah dalam rangka isolasi diri agar bisa terhindar dari bencana wabah virus Covid 19 tersebut.

Para pelanggan pengguna berbagai produk layanan dari Telkom Grup tentunya akan sangat gembira dan menyambut baik perkembangan yang terjadi pada saat sekarang ini. Dengan makin lengkap dan semakin beragamnya fasilitas yang ditawarkan serta disajikan oleh pihak Telkomsel maka para pengguna akan memiliki lebih banyak pilihan layanan yang akan dipilih untuk digunakan. Jika proses penjajakan kerja sama antara pihak Netflix dengan pihak Telkomsel bisa berjalan lancar dan mencapai titik temu kesepakatan, dan pihak Netflix juga bersedia untuk melakukan perbaikan terhadap jenis konten-kontennya sesuai persyaratan dan ketentuan berbagai peraturan yang berlaku di Indonesia maka tidak akan lama lagi blokir dsri Telkom terhadap Netflix sudah akan bisa segera dibuka kembali.