Wabah Covid-19 yang memaksa banyak orang beraktivitas di rumah tak jarang memicu kejenuhan. Anda yang biasanya pergi ke bioskop, bertemu teman di restoran, atau sekadar berjalan di taman pun hanya bisa melakukan aktivitas di dalam rumah karena anjuran social distancing. Namun, jangan cemas, karena sebenarnya ada berbagai hal menyenangkan yang bisa dijajal tanpa harus beranjak ke luar rumah.

Usir kebosanan selama karantina dengan main gim

Bukan tanpa alasan menjadi solusi pengusir kebosanan. Pasalnya kegiatan ini direkomendasikan langsung oleh Badan Organisasi Dunia (WHO) melalui kampanye bernama #PlayApartTogether. Ada pun sejumlah manfaat yang akan Anda rasakan dari main gim selama pandemi, antara lain:

  1. Meredakan stresSebuah studi menyebutkan bila bermain gim kartu online memberikan benefit psikologis yang substansial. Para pemain yang memilih jenis permainan ini pun memperlihatkan tingkat stres lebih rendah karean berkurangnya kortisol, hormon yang memicu stres;
  2. Memperluas ruang interaksi. Anda suka main online game? Ketika memainkan jenis gim yang mengharuskan pembentukan gim, Anda secara tak langsung akan memperluas ruang interaksi meski dalam ranah virtual. Jenis interaksi ini juga cocok untuk para introver yang membutuhkan sosialisasi di tengah pandemi;
  3. Mengasah ingatan jangka panjang. Stagnasi mental akibat rutinitas membosankan akan diisi secepatnya oleh keseruan main online game. Hal ini disebabkan gim mengharuskan Anda lebih fokus dan berkonsentrasi, terutama saat menerapkan strategi untuk melawan musuh dan memenangi pertempuran;
  4. Kompetisi dengan reward menarik. Perkembangan zaman membuat online game yang tadinya hanya dipakai sebagai hiburan menjadi tempat untuk menyelenggarakan kompetisi dengan reward menarik. Anda yang gemar main gim dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan uang saku tambahan atau pengalaman baru.

Rekomendasi gim seru untuk mengisi waktu luang

Butuh rekomendasi gim-gim seru buat mengisi waktu luang Anda selama masa karantina mandiri? Berikut lima online game yang akan membantu Anda mengusir kebosanan.

1. Skate City
Kangen main skateboard di luar rumah, tetapi terhalang social distancing? Untuk melampiaskan kerinduan tersebut, Anda dapat memainkan gim bernama Skate City. Meski dari segi visual tampak sederhana, tetapi fitur dan layanan yang disediakan mudah buat dimainkan. Apalagi tampilan kotanya akan membuat Anda seperti sedang bermain di luar ruangan.

Kemudian, Anda juga harus menguasai berbagai trik, dari yang dasar hingga advanced selama bermain di Skate City. Hal menarik lainnya yang akan Anda temukan dari permainan ini adalah musik latar lo-fi yang akan menemani Anda bermain dan mengelilingi kota dari pagi hingga malam. Siapa tahu Anda bisa mempraktikan semua triknya begitu pandemi berakhir.

2. Call of Duty: Warzone
Anda yang sudah lama main gim daring pasti familier dengan Call of Duty (CoD). Warzone adalah seri teranyar yang diluncurkan pada Maret 2020 dan bisa Anda mainkan secara gratis. Gim yang merupakan bagian dari Modern Warzfare sudah mendukung cross progression dan cross play. Jadi, Anda bisa memainkannya bersama orang lain dengan konsol berbeda.

Call of Duty: Warzone juga menawarkan sistem berbeda, yakni kapasitas jumlah pemain yang bisa mencapai 150 orang. Anda juga akan mendapatkan peta dengan visual yang realistis dan efek suara yang akan membuat gamers seperti sedang masuk ke semesta permainan. Maka wajar bila Warzone membuat siap saja betah bermain selama pandemi berlangsung.

3. Real Racing 3
Sesuai namanya, Real Racing 3 ditujukan buat Anda yang suka atau tertarik dengan gim balap. Merupakan sekuel dari Real Racing dan Real Racing 2, gim ini menghadirkan grafis ciamik dengan lebih dari 45 sirkuit yang tersedia di 20 negara. Tipe-tipe mobil yang disediakan juga tak kalah beragam. Setidaknya ada lebih dari 250 tipe mobil dari 33 produsen ternama yang sudah berlisensi.

Selanjutnya, alih-alih menyediakan single player dan multiplayer, Real Racing 3 menggunakan real people yang memungkinkan Anda balapan dengan pemain lain dalam satu race. Hal ini adalah hasil gabungan dari single player dengan multiplayer yang menghasilkan time shifted multiplayer. Silakan jajal langsung permainan ini kalau Anda penasaran.

4. CSGO
Jenis permainan lainnya yang tak kalah populer dari CoD adalah CSGO (Counter-Strike: Global Offensive). Sejak digratiskan pada 2018, CSGO pun semakin diminati dan meningkatkan jumlah pemain secara signifikan. Bahkan per Maret 2020, CSGO mampu memecahkan rekor dengan jumlah pemain mencapai satu juta orang.

Dalam versi terbarunya, CSGO juga tak segan memuncukan nuansa klasik yang cukup kentara. Anda yang sudah lama memainkannya pasti familier dengan penampilan tersebut. Akan tetapi, gim ini memberikan perkembangan yang memuaskan dari segi karakter, senjata, peta, hingga mode permainan.

Football Manager 2020 Mobile
Football Manager 2020 Mobile, Photo: Play Store Screenshots.

5. Football Manager 2020
Jika Anda membutuhkan gim bertema olahraga, ada Football Manager 2020 yang bisa dicoba agar tak cepat bosan selama karantina. Seperti pendahulunya, gim ini memungkinkan Anda mengelola klun sepak bola sendiri dengan menjadi managernya. Bukan cuma itu, Anda juga bisa menjual dan membeli pemain-pemain berbakat dari tim lain.

Adapula sejumlah pembaruan yang dilakukan terhadap Football Manager 2020, terutama dari segi fitur-fiturnya. Salah satunya adalah memantau para pemain muda dan baru yang ingin mencapai goal tertentu melalui potensi yang dimilikinya. Sudah hampir sama dengan menjadi manager tim sepak bola di dunia nyata, bukan?

Semoga Anda dapat mengusir bosan dengan gim-gim ini!

Baca Juga Artikel Terkait : 13 Rekomendasi Game Sepakbola Terbaik yang Harus Coba Kamu Mainkan