Perangkat smart home merupakan bagian yang menjadi perantara untuk menerapkan smart home pada rumah Anda. Saat ini, ada berbagai jenis perangkat smart home yang bisa digunakan. Hadirnya perangkat-perangkat smart home ini tentunya adalah untuk memudahkan segala aktivitas manusia. Dengan begitu, manusia akan menjadi lebih tertolong dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

Teknologi Dibalik Smart Home yang Canggih

Sistem smart home memang sangat canggih, namun tahukah Anda apa teknologi dibaliknya yang membuat smart home menjadi canggih? Teknologi Internet of Things (IoT) lah yang berjasa dalam pengembangan smart home. Sebenarnya, smart home merupakan salah satu pengembangan bagian dari IoT yang bertujuan untuk semakin mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitas di rumah.

Smart home sudah banyak diterapkan di berbagai negara maju. Di Indonesia sendiri, penerapan smart home masih dalam tahap pengenalan. Sebelum menggunakannya, tentunya tahap pengenalan ini sangat penting untuk membuat masyarakat semakin melek akan teknologi terkini yang bisa diterapkan untuk memudahkan segala aktivitas. Dengan begitu, ketika nanti diaplikasikan maka masyarakat sudah terbiasa.

Berbagai Contoh Dari Perangkat Smart Home

Ada banyak sekali perangkat smart home yang diciptakan untuk membuat rumah menjadi semakin pintar. Bahkan, perangkat-perangkat tersebut kini sudah direalisasikan dan diterapkan untuk tercapainya tujuan memiliki rumah yang pintar.

Berikut ini adalah berbagai contoh dari perangkat smart home :

1. Smart Remote

Remote biasa digunakan untuk mengatur beberapa barang elektronik, misalnya seperti TV, AC, DVD, dan lain sebagainya. Biasanya, satu perangkat elektronik mempunyai satu remote. Hal ini cukup merepotkan karena apabila Anda ingin menggunakan alat-alat tersebut maka remote yang diperlukan banyak. Namun kini setelah smart home dikembangkan, Anda bisa merasakan perangkat smart remote. Smart remote sebenarnya merupakan sistem yang dipasang pada gadget Anda untuk menggantikan fungsi berbagai remote.

2. Google Home

Raksasa teknologi google memang tak pernah mengecewakan dalam mengembangkan berbagai teknologi. Google juga ikut berpartisipasi dalam mengembangkan smart home dengan cara membuat google home. Google home merupakan perangkat yang bisa diperintahkan untuk mengatur suhu ruangan, cahaya lampu, menyetel musik, mencari hal, menerjemahkan, dan bahkan bisa diperintahkan untuk melakukan belanja secara online.

3. Nest Thermostat

Nest Thermostat merupakan perangkat pintar yang digunakan untuk mengatur suhu didalam rumah. Bahkan, Anda bisa mengaturnya dari jarak jauh dengan cara mengontrolnya dengan menggunakan aplikasi.

4. Smart Door Lock

Pernahkah Anda merasa kerepotan ketika harus mengunci dan membuka pintu secara terus menerus? Hal ini cukup memakan waktu terutama ketika sedang terburu-buru. Dengan perangkat smart door lock yang dipasang pada pintu rumah, Anda bisa membuka dan mengunci pintu cukup dengan menggunakan gadget saja. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui siapa saja yang masuk kedalam rumah karena adanya fitur mobile key yang bisa diberikan pada orang tertentu. Penggunaan perangkat smart home ini juga dianggap membuat rumah menjadi lebih aman.