Person Using Home Control System On Tablet
Close-up Of A Person's Hand Using Home Control System On Tablet

Teknologi smart home atau smart home automation barangkali masih dipandang sebagai teknologi yang wah dan terbatas hanya dimiliki oleh para penghuni rumah mewah. Meski demikian, di balik kesan mahal dan mewahnya, sebenarnya ada jauh lebih banyak manfaat atau kegunaan yang ditawarkan oleh teknologi smart home. Apa saja manfaatnya?

Mengelola Seluruh Perangkat Smart Home dalam Satu Tempat

Faktor kenyamanan dalam hal ini sangat luar buasa. Sebab, karena Anda bisa mengelola seluruh teknologi yang terpasang di rumah hanya lewat satu interface (aplikasi), Anda hanya perlu menggunakan satu aplikasi itu saja untuk mengakses beragam fungsi yang dimiliki oleh masing-masing perangkat yang terdapat di dalam sistem smart home rumah Anda. Jadi, Anda tak perlu lagi menggunakan remote control yang berbeda-beda untuk masing-masing alat karena semuanya tergabung jadi satu.

Fleksibilitas dalam Menambahkan Peralatan dan Perangkat Baru

Sistem smart home cenderung sangat fleksibel ketika Anda menambahkan perangkat atau peralatan baru di dalam rumah. Jadi, Anda bisa mengintegrasikan produk baru tersebut dengan mudah ke dalam sistem, bahkan ketika Anda meng-upgrade teknologi di rumah dengan teknologi yang lebih baru dan canggih.

Memaksimalkan Keamanan Hunian Anda

Salah satu bagian penting yang dapat Anda tambahkan ke dalam sistem smart home adalah fitur pengawasan dan keamanan. Dan dengan menambahkannya, keamanan rumah Anda bisa jadi jauh lebih baik. Contohnya, Anda bisa menghubungkan kamera pengawas, detektor gerakan, kunci pintu otomatis, dan sistem keamanan rumah lainnya ke dalam sistem home automation. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pesan peringatan keamanan ke perangkat Anda seperti smartphone jika alarm berbunyi, hingga memonitor aktivitas di rumah secara real time lewat kamera, bahkan ketika Anda sedang berada di luar negeri sekalipun.

Penghematan Energi yang Lebih Baik

Tergantung pada bagaimana Anda menggunakan teknologi smart home di rumah, sangat mungkin untuk membuat hunian Anda jadi jauh lebih hemat energi. Misalnya, teknologi smart home memberikan Anda kendali untuk memprogram sistem thermostat di rumah dan mengaturnya pada suhu tertentu pada jam-jam tertentu, agar sistem dapat memelajari pengaturan yang paling hemat energi. Selain itu, ada juga sistem pencahayaan otomatis, di mana lampu akan menyala secara otomatis ketika ada seseorang di dalam ruangan, dan langsung mati setelah penghuni rumah keluar dari ruangan.

Meningkatkan Fungsionalitas Peralatan Rumah Tangga

Adanya sistem smart home juga dapat membantu Anda menjalankan peralatan rumah tangga dengan lebih baik. Contohnya, smart TV akan membantu Anda menemukan channel untuk menemukan program favorit, smart oven akan membantu Anda memanggang kue dengan sempurna tanpa takut gosong atau kurang panas, sistem smart audio untuk memainkan koleksi lagu sesuai perintah Anda, dan sebagainya. Dengan demikian, teknologi smart home tak hanya bisa membuat hidup Anda jadi lebih mudah dan praktis, tapi juga lebih nyaman dan menyenangkan, kan?