Advertisement

Tren smart home atau rumah cerdas perlahan tapi pasti dilirik masyarakat berkat kemudahan yang ditawarkan. Teknologi ini memungkinkan perabot dan peralatan yang Anda gunakan di rumah dapat diaktifkan melalui perintah suara dan tanpa kabel (wireless). Selain meringankan pekerjaan, smart home membantu Anda yang punya jadwal padat untuk menjaga keamanan rumah.

- Advertisement -

Apa saja manfaat dari teknologi smart home?

Naiknya jumlah peminat smart home membuktikan bahwa pelanggan mengakui harga yang dibayar sudah sesuai dengan jaminan yang diperlukan. Lalu, manfaat apa saja yang akan Anda peroleh dari penggunaan smart home di rumah selain dari segi kemudahan dan keamanan?

  • Menjaga privasi. Pemasangan sensor yang dijumpai dalam beberapa perangkat merupakan bukti simpel bahwa smart home menjunjung privasi Anda. Jenis sensor dapat berupa sidik jari (finger print), foto wajah, dan lain sebagainya;
  • Konsumsi energi lebih terkontrol. Salah satu langkah mudah untuk mengatasi pembengkakkan tagihan listrik adalah menggunakan smart home. Pasalnya teknologi ini membantu pengaturan konsumsi energi melalui jarak jauh;
  • Meningkatnya kualitas hidup. Manfaat terakhir dari pemakaian smart home adalah naiknya kualitas hidup Anda. Penggunaan yang baik akan membantu Anda mengelola anggaran bulanan, memperbaiki suasana hati, hingga menyelesaikan tugas-tugas domestik.
Person Using Home Control System On Tablet
Close-up Of A Person’s Hand Using Home Control System On Tablet

Perangkat-perangkat smart home yang bisa diandalkan

Tertarik untuk memanfaatkan smart home di rumah? Berikut rekomendasi perangkat yang bisa Anda andalkan!

1. Google Home Mini

Bisa dikatakan Google Home Mini merupakan versi speaker Google Assistant. Dengan perangkat smart home ini, Anda bisa mendengarkan noise seperti rintik hujan, percikan sungai, dan bebunyian lain yang berasal dari alam. Untuk mengaktifkan Google Home Mini, Anda cukup berikan perintah suara.

2. August Smart Lock Pro

Anda yang sering lupa mengunci pintu rumah akan sangat terbantu dengan August Smart Lock Pro. Perangkat smart home ini menawarkan sejumlah fitur seperti deteksi Bluetooth untuk membuka dan menutup pintu secara otomatis. Anda juga bisa memberikan akses kunci temporer saat sedang bepergian jauh.

3. Philip Hue

Hue yang diproduksi Phillips adalah lampu nirkabel yang bisa Anda kendalikan memakai Google Home maupun Google Assistant. Anda juga bisa menyalakannya dengan aplikasi yang bisa diunduh di Play Store. Hue sendiri mampu memancarkan berbagai warna, karena menyediakan kurang lebih 16 juta pilihan warna yang bisa diatur sesuai selera.

4. Ring Video Doorbell

Keempat, ada Ring Video Doorbell yang bisa membantu Anda untuk mengawasi keadaan sekitar rumah walau Anda sedang tak ada di tempat. Perangkat smart home ini sudah mampu menampilkan video berkualitas HD 1080 di posel pintar. Fitur lain yang bisa digunakan mencakup infrared night vision, motion sensor, speaker, dan microphone.

Advertisement
Previous articleBerbagai Perangkat Smart Home Untuk Mudahkan Aktivitas Manusia
Next articleManfaat Yang Didapatkan Dari Penggunaan Teknologi Smart Home
Tech News, Gadgets, Tutorial, IT Solution, Web Developer