Cara Membuat Koneksi Database Dengan PHP dan MySQLi

0
77

Cara Membuat Koneksi Database Dengan PHP dan MySQLi –¬†Untuk dapat mengelola data dalam sebuah tabel pada database MySQL, maka hal paling dasar yang harus dilakukan oleh programmer pada tahapan pembuatan aplikasi berbasis web adalah membuat fungsi koneksi ke database project. Dengan terhubungkannya aplikasi ke database MySQL maka Anda dapat dengan leluasa melakukan modifikasi, melihat, atau bahkan mengelola data dalam sebuah tabel pada database project aplikasi. Pada artikel ini kami akan membahas tentang cara bagaimana membuat koneksi ke database dengan PHP dan MySQLi. Artikel membuat koneksi ke database dengan PHP dan MySQLi ini akan sangat berguna bagi Anda yang baru saja mempelajari dan mendalami seluk-beluk web development (pengembangan aplikasi web).

Membuat Database MySQL
Jika Anda belum memiliki database project, maka tahap pertama dalam melakukan koneksi aplikasi ke database MySQL adalah dengan membuat database terlebih dahulu. Untuk membuat database pada MySQL dapat dilakukan melalui perintah CLI dan juga bisa dilakukan melalui jendela phpmyadmin. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat database di MySQL.

Membuat Database MySQL Dengan CLI (Command Line Interface)
Untuk membuat database MySQL melalui perintah CLI, maka pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengakses jendela MySQL Console. Jalankan MySQL Console Anda lalu ketikkan perintah pembuatan database berikut dan jalankan :

create database namadatabase;

Lalu tekan enter, maka akan tercipta database pada MySQL, seperti contoh pada gambar berikut ini :

membat database mysql melalui cli
membat database mysql melalui cli

Membuat Database MySQL melalui phpMyAdmin
Untuk membuat database MySQL melalui phpmyadmin dapat dilakukan dengan menjalankan url http://localhost/phpmyadmin pada web browser, lalu mengetikkan username dan password jika menggunakannya seperti pada gambar berikut :

Mengakses phpMyAdmin
Mengakses phpMyAdmin

Kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol ENTER pada keyboard atau juga bisa dengan menekan tombol GO, sehingga diarahkan ke halaman phpMyAdmin. Untuk membuat database baru melalui phpMyAdmin dapat dilakukan dengan menekan tombol New lalu mengetikkan nama database yang diinginkan dan mengakhiri dengan menekan tombol create seperti tampak pada gambar berikut :

Membuat database baru melalui phpMyAdmin
Membuat database baru melalui phpMyAdmin

Membuat Koneksi Database Dengan PHP dan MySQLi

Untuk menghubungkan aplikasi dengan database MySQL disini saya akan menggunakan MySQLi. Kenapa menggunakan MySQLi? Karena sejak rilis PHP versi 5 keatas maka web developer disarankan beralih ke perintah MySQLi dalam memproses data pada aplikasi yang mereka kembangkan. Karena pada versi PHP 5 keatas sudah tidak mendukung lagi penggunaan perintah mysql dan diganti dengan penggunaan mysqli.

MySQLi merupakan singkatan dari MySQL Improved. MySQLi diciptakan untuk berjalan pada PHP Versi 5 ketas (PHP 7), mysqli lebih stabil dan lebih aman untuk digunakan dalam memproses data pada database.

Menggunakan MySQLi untuk Membuat Koneksi PHP ke Database MySQL
Berikut adalah langkah-langkah membuat koneksi PHP ke MySQL dengan mysqli.
1. Pertama buatkan folder project pada web server Anda, jika menggunakan WAMP Server letakkan pada folder www, atau menggunakan XAMPP sebagai web server dan meletakkan project kerja pada folder htdocs.
2. Buatkan sebuah file dengan nama koneksi.php (bebas) dan simpan pada folder root project.
3. Buka file koneksi.php dengan menggunakan teks editor seperti Notepad++, atau VSCode, lalu tambahkan kode berikut :

<?php 
$host = "localhost";
$user = "root"; //user database
$pass = ""; //password database jika ada
$db = "tutorialphpmysql"; //nama database yang akan kita gunakan

$connect = new mysqli($host, $user, $pass, $db);

if($connect->connect_error){
die('Maaf gagal menghubungkan dengan database: (' . $connect->connect_errno . ')'. $connect->connect_error);
exit;
}
echo 'Success... berhasil melakukan koneksi ke database "'.$db.'" ' . $connect->host_info . "\n";

$connect->close();

?>

Mengecek Koneksi Database MySQL
Setelah semua langkah diatas diterapkan, maka selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap fungsi koneksi yang telah kita buat tadi, buka web browser Anda lalu jalankan url seperti http://localhost/namaproject/koneksi, jika berjalan dengan baik maka akan kita jumpai pesan success seperti berikut :

koneksi database php mysql berhasil
koneksi database php mysql berhasil

Selamat Anda sudah berhasil membuat fungsi koneksi ke database dengan PHP dan MySQLi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here