Masa pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir ini, membuat kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah seperti pergi berlibur menjadi terbatas dan mengharuskan kita untuk lebih banyak di rumah saja. Hal itu tentu membuat rasa jenuh sering melanda. Nah, untuk menghilangkan rasa jenuh di rumah dan untuk bersenang-senang, kamu bisa melakukan beberapa hal yang menyenangkan seperti bermain game di ponsel.

Sekarang ini ada banyak genre game yang bisa diunduh dan dimainkan melalui ponsel Android. Misalnya saja game battle royale, RPG dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu jika ada game yang bisa untuk melatih ingatan dan pikiran? Ya, game tersebut adalah game asah otak. Nah, untuk mengetahui game asah otak yang terbaik dan harus kamu coba mainkan, berikut adalah rekomendasi game tersebut. Oleh karena itu, di bawah ini adalah pembahasan mengenai game Android asah otak terbaik tersebut.

Berbagai Game Android Asah Otak Bagus untuk Kamu Mainkan

  1. Infinity Loop

Saat melihat game ini pertama kali, mungkin kamu akan mengira jika game ini adalah game yang sederhana. Namun, ketika memainkannya kamu akan diajak untuk berpikir lebih dalam. Di sini kamu akan diberi tantangan untuk menggabungkan garis-garis agar menjadi saling terhubung. Kamu hanya tinggal menekan garis-garis tersebut, lalu nantinya garis itu akan berputar dengan otomatis.

  1. Roll the Ball: Puzzle Geser

Di dalam game ini kamu diharuskan untuk menggeser pipa-pipa yang ada agar ada jalan lewat untuk bola. Kamu harus membuat pipa yang ada di dalam kotak menjadi terhubung agar bola yang ada di kotak putih bisa menggelinding sampai akhirnya bisa sampai ke kotak merah.

  1. Brain it On! Physics Puzzles

Game ini memiliki konsep puzzle ilmu fisika yang bisa dikatakan tidak mudah untuk diselesaikan. Jadi, ini cocok untuk kamu yang suka tantangan lebih. Di sini setiap levelnya memiliki tingkat kesulitan sendiri hingga level 15. Pada game ini, kamu diharuskan untuk menggambar bentuk yang bisa untuk digunakan menyelesaikan misi tertentu. Kamu harus menggambar dengan tepat sebuah objek untuk bisa menyelesaikan misi dan melanjutkan ke misi selanjutnya.

  1. Tebak Gambar

Jika kamu suka dengan game yang menguji imajinasi, nalar serta logika dalam berpikir, game Tebak Gambar ini patut untuk dicoba. Di sini kamu akan diminta untuk memecahkan teka-teki dengan menebak gambar. Gambar-gambar yang ada di dalam game ini dirancang dengan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

  1. Sudoku

Rekomendasi game Android asah otak yang selanjutnya adalah Sudoku. Di dalam game ini, kamu harus bisa untuk menempatkan angka 1 hingga 9 pada setiap baris, kolom, dan juga blok bujursangkar yang memiliki ukuran 3×3. Kamu tidak boleh untuk meletakkan angka yang sama pada setiap barisnya.

  1. Tukang Pipa (Plumber)

Game ini sebenarnya hampir sama dengan Infinity Loop. Bedanya adalah yang digabungkan dalam game ini adalah pipa. Pipa-pipa tersebut digabungkan supaya air yang ada di dalam pipa bisa mengalir secara lancar. Di sini kamu ditantang untuk lebih teliti dalam memilih pipa yang akan dihubungkan ataupun dibiarkan saja. Jika kamu berhasil menggabungkan pipa-pipa yang benar maka air bisa mengalir lancar.

Tukang Pipa (Plumber)
Tukang Pipa (Plumber), Photo: Play Store Screenshots.
  1. Best IQ Test

Di game ini kamu dituntun untuk bisa menyelesaikan teka-teki misterius dengan 5 tingkat kesulitan berbeda. Kamu bisa mengetahui berapa skor IQ dengan memainkan game ini.

  1. 1000 Doors Seasons

Di game ini kamu diajak untuk berpikir secara logika. Di sini kamu harus bisa untuk melarikan diri melewati 100 pintu. Pintu-pintu tersebut dapat dilewati jika kamu bisa memecahkan teka-teki matematika yang jawabannya bisa ditemukan di sekitar pintu yang akan dibuka ataupun kamu akan diminta untuk menggoyangkan ponsel agar kunci pintu terjatuh.

  1. Tic Tac Toe

Game ini cocoknya dimainkan oleh dua orang. Hal itu karena kamu dan temanmu harus memindahkan “O” dan “X” dengan bergantian di dalam ruang 3×3.

  1. Teka-Teki Silang

Bila kamu mencari permainan asah otak ringan, game ini cocok untuk dimainkan. Di sini kemampuanmu akan diuji dalam mengisi kotak-kotak kosong hingga membentuk kata yang sesuai. Permainan ini biasanya terbagi jadi dua kategori yaitu mendatar dan menurun.

  1. Brain Out – Can You Pass It?

Pada game ini, kamu tidak hanya akan diajak berpikir secara logika, namun juga berpikir dengan kreatif untuk bisa menyelesaikan masalah atau misi. Perintah-perintah yang ada di game ini dibuat seperti berusaha untuk menjebakmu memberikan jawaban salah. Kamu harus berpikir secara out of the box untuk menyelesaikan setiap tantangan yang dibuat. Game ini memiliki ratusan level yang bisa dimainkan untuk mengasah otak sekaligus membuatmu jengkel dan pusing untuk bisa menemukan jawaban yang tepat.

  1. Happy Glass

Game ini cukup menguras otak kamu ketika memainkannya. Padahal misi dalam Happy Glass ini dapat dikatakan simple, dimana kamu hanya perlu untuk memastikan gelas bisa tetap terisi dengan air dan tidak kosong. Jika gelas tersebut sampai kosong, maka gelas akan menunjukkan ekspresi wajah yang sedih. Nah cara untuk mengisi air ke dalam gelas, kamu hanya perlu untuk menggambar macam-macam bentuk yang nantinya bisa menggiring air untuk masuk ke dalam gelas.

Happy Glass Gaming
Happy Glass, Photo: Play Store Screenshots.

Nah, bagaimana menurut kamu rekomendasi game Android asah otak di atas? Tentunya dengan bermain game ini akan memberikan manfaat yang lain untuk kamu selain bisa bermain game dengan seru. Kamu jadi bisa melatih otak untuk berpikir lebih kritis dan dalam untuk menemukan jawaban yang paling tepat dari game tersebut. Semoga bermanfaat!