Cara Membuat Data Dummy Menggunakan Library Faker di PHP

0
261
Advertisement

Hello guys, this day we will create tutorial and share with you of how to build dummy record using library Faker in PHP and insert dummy record into database MySQL. So, this tutorial will give you step by step how to use library Faker in PHP to generate dummy data with MySQL database. So, if you are looking about creates dummy record data into MySQL database using library Faker with PHP, i think this tutorial is for you. So let’s scroll and follow below step by step how to use library Faker to generate dummy data in MySQL database with PHP.

- Advertisement -

Membuat Data Dummy Menggunakan Library Faker di PHP – Tutorial kali ini akan membahas penggunaan library Faker untuk menggenerate data palsu atau data dummy dengan tujuan untuk digunakan sebagai contoh data saat testing maupun development aplikasi web atau web application.

Pada tahap pengerjaan aplikasi berbasis website sebelum dilaunching biasanya akan dilakukan testing apakah aplikasi tersebut berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan, maka dibutuhkan data dummy untuk digunakan sebagai data contoh pada database aplikasi. Ya, data dummy terkadang namun tidak mengikat dibutuhkan oleh developer yang sedang menguji aplikasi pada server development, penggunaan library Faker sangat membantu untuk menggenerate data dummy dalam ratusan record bahkan ribuan record data dapat dihasilkan sebagai data yang akan diolah sistem saat testing aplikasi.

Coba bayangkan kalau harus input satu demi satu (bayangkan sendiri yah heheheee !!). Tentunya akan sangat menyulitkan jika para programmer maupun developer harus menginputkan satu persatu data hanya untuk kebutuhan testing aplikasi. Oleh karena itu, penggunaan library Faker untuk menghasilkan data dummy di aplikasi PHP sangat membantu sekali.

Cara Menggunakan Library Faker Untuk Data Dummy di PHP

Sebelum kita meng-generate data dummy melalui library Faker, maka tidak ada salahnya jika saya menguraikan sedikit banyak tentang apa itu library Faker. Ya, Faker adalah sebuah daftar pustaka atau library yang bersifat open source yang dibuat oleh Francois Zaninotto, dimana library Faker ini mampu meng-generate data fake atau data palsu untuk kepentingan testing aplikasi.

Faker sendiri dapat dijalankan pada PHP versi PHP 5.3.3  keatas, hal ini dapat kita baca pada pustaka library github disini.

File PHP Penggunaan Library Faker
File PHP Penggunaan Library Faker

Menginstall Library Faker

Untuk menggunakan library Faker, maka pertama seorang programmer maupun developer terlebih dahulu harus mendownload atau menginstall pada aplikasi yang akan menggunakan library Faker. Untuk mendownload atau menginstall library Faker dapat dilakukan melalui perintah composer seperti berikut :

composer require fzaninotto/faker

Menggunakan Faker

Setelah berhasil melakukan instalasi Faker, untuk menggunakannya dapat kita memanggil library Faker pada file PHP dengan perintah seperti berikut :

<?php
// menggunakan faker
require_once 'vendor/autoload.php';
?>

Kemudian perlu dilakukan inisialisasi Faker dengan perintah PHP seperti berikut :

// inisialisasi faker
use Faker\Factory as Faker;
$faker = Faker\Factory::create('id_ID');

Membuat Data Dummy Dengan Faker

Untuk membuat data dummy menggunakan Faker, kita dapat menentukan seberapa banyak data yang akan kita generate, dengan mengetikkan perintah pada perulangan di file PHP kita dapat menentukan seberapa banyak data dummy yang harus dihasilkan, seperti berikut :

for($i=1; $i <= 50; $i++){
    $nama = $faker->name;
    $email = $faker->email;
    $pekerjaan = $faker->jobTitle;
    $alamat = $faker->address;
}

Menginput Data Dummy Ke Database MySQL

Setelah menerapkan tahap instalasi dan cara penggunaan library Faker, untuk menggenerate data dummy ke database MySQL di PHP dapat dilakukan dengan cara membuat file PHP yang berisikan script PHP untuk menjalankan library Faker serta sekaligus menjalankan sql untuk menginputkan data dummy ke database MySQL.

Selanjutnya buka text editor yang Anda miliki seperti Notepad++ ataupun Visual Code Editor (VSCode), lalu buatlah sebuah file PHP dengan nama “datafaker.php” (opsional), masih menggunakan project dan database serta tabel pegawai pada tutorial “Cara Melakukan Import Data JSON ke Database MySQL Dengan PHP“, kemudian isikan script PHP seperti contoh berikut :

<?php
include "koneksi.php"; //panggil koneksi database

require_once 'vendor/autoload.php'; //menggunakan faker dengan memanggil library Faker
use Faker\Factory as Faker;

$faker = Faker::create('id_ID'); //hasilkan data dummy versi data Indonesia

for($i=1; $i <= 50; $i++){ 
$nama = $faker->name;
$email = $faker->email;
$pekerjaan = $faker->jobTitle;
$alamat = $faker->address; 

//lakukan insert ke database tabel pegawai
$sql = "INSERT INTO pegawai (name,email,job,address) VALUES ('".$nama."', '".$email."', '".$pekerjaan."', '".$alamat."')";

$result = mysqli_query($connect, $sql);
}
?>

Selanjutnya dengan menggunakan web browser seperti Mozilla Firefox ataupun Google Chrome jalankan url input data dummy dengan Faker di PHP seperti berikut :

http://localhost/phpmysql/datafaker.php

Jika semua berjalan dengan baik, maka akan kita jumpai penambahan record baru berupa data dummy pada database tabel pegawai seperti berikut :

Data Dummy hasil generate library Faker
Data Dummy hasil generate library Faker

Oke, sampai disini maka kita telah berhasil menggunakan library Faker untuk meng-generate data dummy di PHP serta menginputkan data dummy ke database MySQL menggunakan library Faker di PHP, menemukan tutorial cara membuat data dummy menggunakan library faker di php ini adalah hal yang tepat bagi Anda, semoga tutorial ini dapat memberi manfaat kepada siapapun yang membutuhkan. Akhir kata terimakasih telah berkunjung di Jogjatech.com, and happy coding 🙂

Advertisement
Previous articleCara Melakukan Import Data JSON ke Database MySQL Dengan PHP
Next articleCara Membuat Aplikasi CRUD Dengan PHP dan MySQL serta Modals Bootstrap
Tech News, Gadgets, Tutorial, IT Solution, Web Developer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here