Codeigniter 4 Part 1: Melakukan Intalasai Codeigniter Versi 4

0
141

Pada tutorial kali ini kita akan bahas bagaimana melakukan instalasi codeigniter versi 4, dan apa saja syarat yang harus terpenuhi jika ingin mengunakan versi 4.

Seperti kita ketahui Codeigniter adalah sebuah framework PHP yang berguna untuk mempercepat membangun aplikasi berbasis web. Sejak kemunculannya sampai sekarang ini di tahun 2020, Codeigniter sendiri memberikan 3 pilihan versi, yaitu: Codeigniter 2, Codeigniter 3, dan Codeigniter 4 (sekarang).

Codeigniter versi 2 merupakan versi legacy dari Codeigniter, Codeigniter versi 3 merupakan versi terbaru dari Codeigniter, sedangkan Codeigniter 4 merupakan versi masa depan Codeigniter.

Ya, seperti kita ketahui berkat perkembangan teknologi yang begitu cepat, telah memaksa Codeigniter untuk melakukan perubahan besar-besaran pada product frameworknya.

Untuk dapat menggunakan Codeigniter versi 4, maka syarat pertama adalah dibutuhkan minimal PHP 7.2, karena Codeigniter versi 4 hanya mendukung PHP 7.2 keatas, jika pada sebelumnya anda menggunakan versi PHP dibawah PHP 7.2 maka saya sarankan anda mengupgrade web server anda.

Untuk memastikan komputer anda telah terinstal PHP versi 7.2* atau belum, silahkan lakukan cek melalui Terminal / Command Prompt dan ketikan perintah berikut:

php -v
cek php version
Cek Versi PHP

Pastikan juga pada web server anda telah mengaktifkan ekstensi seperti intl extention, php-json, php-mbstring, php-mysqlnd, dan php-xml. Anda dapat mengeceknya pada phpinfo, dan dapat diaktifkan melalui php.ini pada web server anda.

Melakukan Instalasi Codeigniter Versi 4
Melakukan instalasi Codeigniter versi 4 pada web server dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu: instalasi secara manual dan instalasi melalui composer.

Melakukan Instalasi Codeigniter Versi 4 Secara Manual
Untuk melakukan instalasi secara manual pada Codeigniter Versi 4 tidaklah berbeda jauh seperti melakukan instalasi pada Codeigniter versi sebelumnya, yaitu adan tinggal download file Codeigniter Versi 4 pada halaman resmi Codeigniter, kemudian mengextract pada web server.

Anda dapat meletakkan pada folder www jika anda menggunakan WAMPSERVER, dan letakkan pada folder htdocs jika menggunakan XAMPP, mudah bukan?

Melakukan Instalasi Codeigniter Versi 4 Melalui Composer
Codeigniter Versi 4 memungkinkan anda untuk melakukan instalasi melalui composer.

Composer merupakan Dependency Manager untuk PHP, sama halnya dengan NPM pada node.js.

Nah jika di komputer anda belum memiliki composer sebaiknya anda menginstalnya terlebih dahulu.

Untuk memastikan apakah composer telah terinstal dengan baik di komputer anda, silahkan lakukan cek melalui Terminal / Command Prompt dan ketikan perintah berikut:

compser -v
cek composer
Cek Composer di Windows

Untuk melakukan instalasi Codeigniter 4 melalui composer, dapat dilakukan dengan mengetikan perintah berikut pada Terminal/ Command Prompt:

composer create-project codeigniter4/appstarter namaproject --no-dev

Mohon di perhatikan anda harus menginstal Codeigniter 4 di dalam root web server anda.

Disini saya menggunakan WAMPSERVER dan lokasi berada pada drive D, sehingga root web server saya adalah seperti berikut:
D:/wamp64/www

Anda dapat menggunakan perintah change directory (cd) pada jendela terminal/ command prompt.

Instalasi Codeigniter 4 Melalui Composer
Anda dapat mengintal Codeigniter 4 melalui composer seperti berikut:

composer create-project codeigniter4/appstarter codeigniterv4-project --no-dev
proses intalasi codeigniter 4 via composer
Proses intalasi Codeigniter 4 via composer

Perintah diatas akan membuat sebuah folder “codeigniterv4-project” pada folder D:/wamp64/www.

Setelah proses instalasi berhasil, selanjutnya anda bisa masuk ke folder “codeigniterv4-project” dengan perintah change directory (cd) seperti berikut:

Kemudian ketikkan dan jalanka perintah berikut:

composer update --no-dev

Seperti gambar berikut:

proses update composer
Proses update composer

Untuk memastikan berhasil semua, mari kita coba jalankan project Codeigniter 4 yang baru saja kita instal dengan mengetikkan perintah berikut pada Terminal / Command Prompt:

php spark serve
Menjalankan project Codeigniter 4 via terminal

Kemudian buka web browser anda dan kunjungi url berikut:

localhost:8081 //disini project codeigniter berjalan pada port 8081

Jika instalasi berhasil, maka akan terlihat seperti gambar berikut:

project codeigniter 4
Project Codeigniter 4 berhasil dijalanka

Mari kita lihat struktur dari Codeigniter 4
Jika kita lihat struktur dari Codeigniter 4 agak berbeda dari versi pendahulunya, dimana Codeigniter 4 tidak memiliki file “index.php” pada root project, dan file “index.php” dipindahkan ke folder “public” dengan alasan keamanan.

Selesai.