integrasi template codeigniter

Tutorial codeigniter part 1 kali ini akan membahas cara bagaimana mengintegrasikan template pada codeigniter atau bagimana memasang template pada codeigniter. Cukup sederhana kita akan menggunakan template yang telah kita download pada pembahasan tutorial sebelumnya pada judul Membuat Progress Bar Pada Form Login Codeigniter.

Cara Mengintegrasikan Template Pada Codeigniter

  1. Setting Default Controller
    Teman-teman semua pastinya sudah pada tau ketika kita berhasil men-download file codeigniter dan mengekstraknya pada folder kerja, saat kita telusuri maka default controller pada settingan file config/routes.php adalah ‘Welcome’. Bukalah file controllers/Welcome.php kemudian ganti baris isi pada index seperti $this->load->view(‘welcome_message’); menjadi $this->load->view(‘dashboard/template’);.
  2. Setting Autoload
    Tahap kedua adalah setting file config/autoload.php, buka file dan cari pada baris $autoload[‘helper’] = array();, gantikan atau isikan perintah baris tersebut menjadi $autoload[‘helper’] = array(‘url’);.
  3. Membuat Folder Template
    Tahap ketiga adalah kita membuat folder dashboard di dalam folder views.
  4. Integrasi Template Gentelella Alela
    Pada tahap keempat ini kita akan membahas bab inti dari pembahasan ini yaitu mengintegrasikan template pada framework codeigniter. Nah teman-teman bisa buka folder template Gentelella-master kemudian masuk ke folder production dan salinlah file index.html kemudian pastekan pada folder views/dashboard yang telah kita buat pada tahap ketiga, kemudian renamelah file index.html menjadi file template.php, sehingga strukturnya akan menjadi seperti views/dashboard/template.php.

Kemudian teman-teman jangan lupa buatkan folder assets pada core folder kerja, kopikan file-file pendukung template yang ada pada folder css,images,js,build,src,vendors pada master template Gentelella Alela dan pastekan ke dalam folder assets yang telah kita buat.

Setelah semua tahapan diatas dilakukan cobalah akses file kerja yang telah teman-teman buat menggunakan web browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome dengan mengetikkan url pada address bar seperti localhost/codeigniter, dan trara…. kita sudah berhasil mengintegrasikan template pada codeigniter 🙂 (CMIIW)

integrasi template codeigniter

Wait… jangan lupa jika terjadi error teman-teman jangan khawatir itu mungkin terjadi karena file-file pendukung seperti css,js dll belum terintegrasikan dengan baik, nah untuk menanganinya teman-teman bisa buka file template.php yang telah kita buat tadi dan kita hanya perlu menambahkan kode <?php echo base_url();?>assets pada setiap baris pemanggilan file baik css maupun javascriptnya, seperti contoh berikut :

<link href="<?php echo base_url();?>assets/build/css/custom.min.css" rel="stylesheet">
<script src="<?php echo base_url();?>assets/vendors/jquery/dist/jquery.min.js"></script>