Laravel framework
Laravel framework. Photo: Laravel.com

Ya inilah salah satu alasan mengapa programmer memilih Laravel sebagai framework mereka ketika mengerjakan project yaitu, saat ini Laravel adalah salah satu framework PHP terbaik yang dikembangkan oleh Taylor Otwell. Sebagai sebuah framework PHP, Laravel hadir sebagai platform web development yang bersifat open source. Yang menarik dari Laravel adalah sintaksnya yang ekspresif dan elegan yang dirancang khusus untuk memudahkan dan mempercepat proses web development. Dan berikut ini adalah beberapa diantara alasan-alasan lainnya.

Mudah dan Dokumentasi Lengkap
Ya tentu saja ini menjadi alasan dari setiap orang yang akan mempelajari sebuah framework PHP, yaitu tersedianya dokumentasi yang lengkap dari framework itu sendiri. Bahkan jika kamu bukan seorang yang espert dalam bidang web development, dan kamu hanya memiliki basic pemahaman PHP yang baik, maka itu sudah cukup bagi kamu untuk menggunakan framework Laravel, sebab dokumentasi yang disediakan Laravel tergolong baik, rapi, mudah dan jelas.

Open Source
Sudah tentu ini alasan penting bagi setiap orang yang akan menggunakan framework PHP yaitu berlisensi open source heheee… Laravel adalah framework open source yang dapat digunakan dan dikembangkan secara gratis untuk membuat aplikasi sekala kecil maupun besar dan kompleks.

Arsitektur MVC
Seperti halnya dengan framework Codeigniter, Laravel juga menerapkan arsitektur MVC, sehingga membuat programmer dapat membuat struktur kode yang lebih rapi, dimana arsitektur MVC memisahkan antara logika dan view, sehingga penulisan dokumentasi menjadi lebih baik.

Blade Template
Fitur menarik lainnya dari framework Laravel adalah tersedianya fitur blade template, dengan blade templating memudahkan kita memetakan template kedalam beberapa bagian, sehingga memudahkan kita dalam memaintenance web site yang kite develop.

Komunitas Yang Besar
Salah satu pertimbangan seseorang memilih sebuah framework adalah memiliki komunitas yang besar. Sebuah komunitas memudahkan seseorang untuk sharing saling bertukar pikiran dan pengalaman tentang apa yang mereka alami, sehingga jika memiliki sebuah kasus mudah dipecahkan. Salah satu komunitas pengguna Laravel dapat kita temukan di facebook dengan alamat: https://www.facebook.com/groups/laravel/.

Nah masih banyak lagi kelebihan-kelebihan laravel yang tidak mungkin dituangkan semua dalam artikel ini, sekian dan terimakasih…