Tutorial Laravel 6.x : Membuat Login dan Register Dengan Laravel 6.x

0
138

Pada tutorial Laravel 6.x kali ini akan membahas bagiamana kita membuat login dan register pada Laravel dengan mudah dan cepat.

Untuk membuat login dan register pada Laravel, maka terlebih dahulu perlu kita hubungkan project laravel dengan database. Pada tutorial Laravel 6.x kali ini saya menggunakan database MySQL dan database akan saya beri nama “laravel6x”.

Pengaturan Database Pada Laravel
Karena kita akan bermain-main dengan database, maka hal utama adalah melakukan konfigurasi database pada Laravel. Pada umumnya ada dua opsi pengaturan database pada Laravel yaitu, pertama kita bisa memanfaatkan file .env dimana file ini dapat kita temukan pada core bagian terluar laravel, kedua kita bisa mengatur konfigurasi database pada file config/database.php.

Berikut adalah tampilan kita melakukan pengaturan database dengan menggunakan file .env.

Pengaturan database laravel lewat env file

Silahkan teman-teman sesuaikan pengaturan database seperti contoh diatas.

Membuat Login dan Register Dengan Laravel 6.x
Laravel telah menyiapkan perintah artisan untuk membuat login dan register, tidak hanya itu Laravel juga telah menyiapkan file migration untuk menciptakan tabel user, sehingga kita bisa langsung gunakan migrate untuk membuat tabel user.

Yuk langsung saja, kita jalankan perintah php artisan migrate seperti berikut:

php artisan migrate
Menjalankan php artisan migrate

Sekarang kita cek database, sekarang tabel user sudah dibuatkan oleh Laravel.

Tabel hasil migrate laravel

Membuat Login dan Register Dengan Mudah Di Laravel
Sekarang kita masuk ke proses pembuatan login dan register dengan laravel, lagi-lagi disini laravel telah menyiapkan semuanya, kita sebagai programmer tinggal pakai.

Berbeda dari versi sebelumnya pada laravel 5.x, jika pada Laravel 5.x untuk membuat Login dan Register kita hanya menjalankan perintah artisan seperti php artisan make:auth, maka untuk membuat Login dan Register pada Laravel 6.x dan Larvel 7.x, kita harus menjalanka perintah composer berikut:

composer require laravel/ui

kemudian jalankan perintah artisan berikut:

php artisan ui vue --auth
Membuat auth login dan register laravel

Dan tunggu sampai selesai, setelah selsai sekarang jalankan project laravel6x dengan perintah php artisan serve berikut.

menjalankan project laravel

Kemudian buka browser dan akses url berikut:

localhost:8000

Maka kita akan menemukan dua tombol menu login dan register pada bagian header, seperti gambar berikut:

Menu Login dan Register Laravel
Menu Login dan Register Laravel

Coba klik menu register, maka akan ditampilkan halmaan pendaftaran user, coba kita daftarkan akun user dan klik tombol register.

Form register laravel
Form register laravel

Maka data user yang kita daftarkan akan disimpan pada tabel users, dan kita langsung di alihkan ke halaman dashboard user.

Halaman dashboard setelah berhasil login di laravel
Halaman dashboard setelah berhasil login di larevl

Selain itu, kita juga sekarang punya menu logout yang disediakan oleh Laravel. Bisa kita temukan pada menu kanan paling atas untuk melihat menu logout, seperti tampak berikut.

Menu logout di laravel
Menu logout di laravel

Setelah logout, cobalah untuk login kembali dengan mengakses menu Login, dan isikan akun yang telah kita registerkan tadi kemudian klik tombol Login, maka kita kan berhasil login.

Form login di Laravel
Form login di Laravel

Selesai.