Tutorial Laravel: Step by Step Cara Membagun Aplikasi Pertama Dengan Laravel 7

0
77

Sejak dirilis tahun 2011 lalu, Laravel terus tumbuh berkembang dan menjadi salah satu framework PHP yang banyak diminati oleh para developer professional maupun beginner.

Lengkapnya dokumentasi yang disediakan oleh Laravel serta perkembangan versi yang begitu cepat, dan berbagai forum Laravel yang mendukung juga menjadi faktor mengapa programmer menggandrungi framework Laravel.

Tahap Pertama Membagun Aplikasi Pertama Dengan Laravel 7
Dengan rencana yang sederhana, untuk memulai membangun aplikasi laravel pertama-tama yang perlu di lakukan adalah Anda menginstallnya pada directory web server.

Jika anda belum memahami cara bagiamana pertama kali menginstall laravel pada web server, maka anda perlu mengunjungi tutorial menginstall laravel pada web server.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel jogjatech-laravel7

Setelah berhasil melakukan instalasi, mari cek apakah project berjalan atau tidak. Buka jendela Terminal/ Command Prompt dan jalankan perintah laravel development server start, seperti berikut.

php artisan serve

Kemudian buka web browser dan akses url localhost:8000

Jika berjalan dengan baik maka Anda akan disapa halaman selamat datang di Laravel seperti contoh berikut.

Database Setup
Jika Anda memulai dengan project laravel yang baru, maka instalasi yang berjalan secara otomatis membuat env file pada core project dimana file ini digunakan untuk meng-configurasi database.

Di Laravel sendiri ada dua cara untuk melakukan konfigurasi database. Yaitu, selain melalui file .env, Anda juga bisa meng-konfigurasi database laravel melalui file “config/database.php”.

Untuk melakuka tes apakah konfigurasi database benar-benar berhasil dapat dijalankan, mari jalankan perintah artisan migrate berikut.

php artisan migrate

Jika semua berjalan dengan baik, maka akan tampak seperti berikut

Dimana perintah migrate tersebut akan menciptakan beberapa tabel, seperti tabel users dan lainnya pada database project Laravel Anda.

Membuat Login Auth Scaffolding di Laravel
Laravel 7 telah menyiapkan beberapa paket yang bisa digunakan untuk menciptakan auth login. Untuk menggunakannya pertama Anda perlu meginstallnya dengan perintah composer berikut.

composer require laravel/ui

Kemudian jalankan perintah artisan berikut, untuk menciptakan route, controllers, views, dan files lainnya yang dibutuhkan untuk menerapkan login auth laravel.

php artisan ui vue --auth

Selanjutnya, anda perlu mengcompile file UI CSS dengan perintah berikut

npm install

npm run

npm run watch

Kemudian jalankan perintah artisan berikut

php artisan serve

Jika berjalan dengan baik, maka Anda akan menjumpai tombol menu Login dan Register pada halaman front-end project Laravel Anda, seperti contoh berikut.

Anda bisa meregisterkan akun anda dengan meng-klik menu Register, dan login dengan menu Login. Saat pertama Anda berhasil me-register akun maka secara otomatis halaman project Laravel Anda akan di redirect ke halaman dashboard, seperti contoh berikut.

Oke sampai disini kita telah berhasil membuat aplikasi pertama kita di Laravel, yaitu aplikasi login dan register. Pembahasan selanjutnya akan kita lanjutkan di tutorial berikutnya.