Bulan Juni lalu Google telah meluncurkan versi beta yang pertama untuk Android 11. Sebenarnya pratinjau Android 11 ini sudah diluncurkan pada pertengahan Februari lalu untuk pengembang. Sekarang siapapun sudah bisa mencoba versi terbaru sistem operasi Android ini. Ada banyak fitur baru yang terdapat di Android 11. Berikut adalah beberapa fitur baru Android 11 Beta tersebut yang harus diketahui.

Fitur-Fitur Baru Pada Android 11 Beta

  1. Sensivitas Sentuhan Meningkat

Anda sebagai pengguna Android yang menggunakan pelindung layar dirasa akan sangat menyukai fitur yang satu ini. “Tambah sensivitas sentuhan” merupakan fitur baru yang ditambahkan oleh Google ke menu Pengaturan yang akan memungkinkan pengguna Android ini meningkatkan sensivitas dari layar sentuh perangkat.

  1. Bisukan Pemberitahuan Selama Video Recording

Anda sebagai pengguna Android mungkin kerap merasa terganggu dengan pemberitahuan yang muncul saat sedang merekam video. Dalam sistem operasi Android terbaru ini, Anda dapat membisukan pemberitahuan ketika merekam video.

  1. Bluetooth Menyala Saat Airplane Mode

Di pengaturan Android yang sebelumnya, menyalakan Airplane Mode akan mematikan Bluetooth. Pengaturan ini banyak disukai oleh pengguna Android karena sebagaian besar sudah menggunakan headphone Bluetooth terhubung. Dalam Android 11 ini, Bluetooth akan tetap menyala meski Airplane Mode sedang diaktifkan.

  1. Mode Gelap Sesuai Waktu

Mode gelap pada Android yang sebelumnya akan mendapatkan pengaturan baru di Android 11 Beta ini. Mode gelap akan mempunyai kemampuan otomatis aktif ataupun nonaktif tergantung pada waktu hari.

  1. Recycle Bin

Fitur baru Android 11 Beta lainnya adalah Recycle Bin. Fitur ini bekerja hampir sama dengan Recycle Bin yang ada di Windows. Anda dapat memulihkan kembali file atau foto yang dihapus. File dan foto yang Anda hapus, tidak akan sepenuhnya terhapus selama 30 hari.

  1. Smart Home Control

Perubahan baru yang cukup mencolok pada Android 11 adalah adanya kontrol smartphone pada tingkatan OS. Anda bisa mengakses ini kapan saja melalui tombol power yang ada di ponsel pintar. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengontrol perangkat smart home yang terhubung pada Google Home.

  1. Kemudahan dalam Kontrol Media Eksternal

Pada Android 11 ini, Google juga membuat lebih mudah dengan beralih ke media eksternal seperti earbuds yang akan diakukan dengan fitur notifikasi drop-down.

  1. One-Time Permission

Android 11 ini akan meluncurkan fitur yang mana pengguna bisa memberikan akses ke permintaan izin akses seperti kamera, lokasi dan sumber lainnya dari perangkat ponsel pintar Anda hanya sekali dan bukan seterusnya. Fitur ini dinamakan One-Time Permission.

  1. Screen Recording

Android 11 akan memunculkan fitur screen recording yang diakses menggunakan Quick Setting. Dengan ini, Anda bisa melakukan perekaman layar tanpa harus menggunakan aplikasi lain.

  1. Screenshot Interface

Fitur screenshot pada Android 11 akan sedikit diubah. Screenshot di Android 11 ini apabila Anda melakukan penangkapan layar maka akan muncul preview di sudut bawah layar yang bisa untuk langsung beralih ke aplikasi share atau edit.

Itulah beberapa fitur baru Android 11 Beta yang dirilis oleh Google bulan lalu. Diperkirakan Android 11 akan dikirim pada ponsel sudah aktif 2021 mendatang.