Apa Itu Codeigniter ?
CodeIgniter diklaim sebagai Application Development Framework berbasis web yang mengusung model MVC (Model, View, Controller), sebuah toolkit yang sangat cocok bagi programmer pemula yang akan membangun sebuah website menggunakan bahasa pemrograman PHP, dimana berisikan kumpulan dari fungsi-fungsi / prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa memudahkan dan mempercepat pekerjaan seorang programer web, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.

Beberapa kelebihan dari Framework CodeIgniter (CI) dibandingkan Framework PHP lain. Antara lain seperti:

  1. Performa sangat cepat.
    Beberapa orang mempunyai alasan untuk tidak menggunakan framework salah satunya adalah karena eksekusinya yang lebih lambat. Nah Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain.
  2. Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration).
    Untuk memulai menggunakan CodeIgniter kita hanya perlu merubah sedikit saja file pada folder config. Hal inilah yang menjadi sebuah alasan banyak programmer memilih Codeigniter sebagai Framework andalan, tentunya dengan berbagai alasan seperti tanpa harus repot menyesuaikan path database dan routing dengan mengubah beberapa file konfigurasi.
  3. Dukungan komunitas.
    Didukung dalam komunitas yang cukup kuat adalah menjadi sebuah alasan memilih Codeigniter (CI) sebagai Framework andalan. Misalnya Forum Ellislab, sehingga kita dapat lebih mudah berinteraksi dengan mereka yang lebih tahu, dan banyak lagi komunitas pengguna Codeigniter yang ada di media sosial seperti Facebook. Bahkan Codeigniter pernah masuk dalam masa kejayaannya pada kisaran tahun 2011, sebelum akhirnya lahir framework framework PHP lainnya.
  4. Dokumentasi yang lengkap.
    Dokumentasi yang lengkap juga menjadi sebuah alasan untuk memilih Codeigniter, setiap paket instalasi CodeIgniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami, bahakan bisa di download dan dipelajari secara offline pada lokal komputer.
  5. Menggunakan pattern MVC.
    Codeigniter adalah Framework yang mengusul model MVC (Model-View-Controller), sehingga struktur code menjadi lebih terstruktur dan memiliki standart yang jelas.

Nah, itulah beberapa point keunggulan Framework Codeigniter yang perlu diketahui, jika ada ulasan yang kurang tepat harap menjadi koreksi demi kemajuan dunia pemrograman. Terima kasih 🙂