Database Migrations Laravel

Hai artisan lovers, apakah kalian pernah mengalami error saat pertama kali menjalankan database migrations pada project Laravel Anda? Jika ya, maka artikel ini adalah salah satu bentuk jawaban yang Anda cari.

Ya, kali ini aku ingin berbagi pengalaman bagaimana mengatasi error pada laravel saat kita menjalankan php artisan migrate saat pertama kali build project Laravel.

Pada saat pertama kali kita berhasil melakukan instalasi framework Laravel pada web server, biasanya akan kita lanjutkan dengan membuat login auth, pada saat ingin memigrasikan database dengan menjalankan perintah artisan migrate, sering kali kita jumpai error seperti dibawah ini.

error database migrations

Dan setelah dicek database ternyata hanya akan kita jumpai tabel users dan migrations saja. Lalu bagiamana solusinya?

Untuk mengatasi hal tersebut pertama adalah kita drop tabel users dan migrations yang baru tercipta tadi secara manual. Kemudian lanjutkan dengan merubah 2 file yang berada di folder “/database/migrations seperti dibawah ini.

Selanjutnya tambahkan sedikit perubahan dengan penambahan script misalkan (250) pada file create_table_users.php dan create_password_resets_table.php seperti contoh pada baris berikut:

create_table_users.php
create_password_resets_table.php

Jika sudah jangan lupa simpan file yang kita rubah tadi, lalu jalankan ulang perintah php artisan migrate, maka bisa kita jumpai migration berhasil kita jalankan, lalu cek kembali database Anda maka bisa kita temukan semua kebutuhan table berhasil diciptakan, seperti contoh berikut ini.

Nah cara diatas merupakan satu dari sekian cara mengatasi error migrations pada Laravel. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberi manfaat bagi yang membutuhkan. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel mengatasi error migration pada Laravel, kami mohon maaf. Terimakasih..

Selesai.