Fitur Reset Password Laravel Berhasil Digunakan

Jika kita membuat aplikasi berbasis web, terkadang sering kita jumpai permintaan dari client untuk menyertakan fitur reset password. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah melakukan perubahan password jika seorang user mengalami kehilangan atau lupa password akunnya.

Nah, disini saya mencoba menyajikan tutorial langkah demi langkah atu steb by step cara membuat fitur reset password via email di laravel.

Dan kali ini, tutorial membuat reset password dengan Laravel disini akan menggunakan Mailtrap.io sebagai SMTP server.

Pada framework Laravel, disaat pertama kali kita mengaktifkan fitur auth login pada laravel, maka bisa kita jumpai bahwa laravel telah menyertakan link tombol reset password, kita bisa menjumpai tombol link reset password tersebut pada form login. Selanjutnya, kita tinggal menggunakannya dengan melakukan beberapa setting untuk mengaktifkan fitur reset password project framework Laravel.

Mengaktifkan Fitur Reset Password Laravel Via Email

Langkah pertama yang harus dipenuhi dalam tutorial kali ini tentunya kita sudah harus punya project Laravel yang terinstall pada web server desktop kita. Jika teman-teman belum memiliki project laravel teman-teman bisa memulai dengan melakukan instalasi project Laravel pada desktop pada web server.

Mailtrap.io

Untuk dapat mengaktifkan fitur reset password via email di laravel, hal yang kita butuhkan adalah project kita terhubung dengan mail service.

Mailtrap.io adalah fake SMTP server untuk melakukan percobaan pengiriman dan penerimaan email pada saat kita melakukan testing pada project Laravel.

Nah disini kita memanfaatkan Mailtrap.io sebagai SMTP server. SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. SMPT digunakan untuk mengirimkan komunikasi ke server dan mengirimkan ke email penerima.

Memperoleh  Credentials Mailtrap.io

Untuk bisa menggunakan Mailtrap sebagai SMTP server pada project testing kita, maka kita harus punya akun Mailtrap.io, teman-teman bisa mendaftar secara online pada situs resminya https://mailtrap.io

Berikut adalah gambar dimana kita berhasil mendaftar akun di Mailtrap.io

reset password laravel
Gambar Mendapatkan Akun Mailtrap.io

Selanjutnya yang kita butuhkan setelah berhasil membat akun di Mailtrap.io adalah mengambil Credentials dari Mailtrap, seperti contoh pada gambar berikut.

reset password laravel
Letak Credentials Akun Mailtrap.io

Nah, username dan password pada Credentials inilah yang akan kita masukkan ke dalam project laravel kita.

Melakukan Konfigurasi Mailtrap di Laravel

Setelah berhasil mendapatkan Credentials pada Mailtrap, maka tahap selanjutnya adalah kita mengaktifkan fitur reset password pada project Laravel dengan melakukan konfigurasi pada project laravel kita.

Bukalah file .env pada project Laravel kita, kemudian isikan username dan password SMPTP dari Mailtrap ke project Laravel, seperti contoh berikut.

Setting Credentials Reset Password Laravel
Setting Credentials Mailtrap.io di Laravel

Silahkan teman-teman isikan sesuai Credentials yang teman-teman dapatkan dari akun Mailtrap.

Testing Reset Password Laravel Via Email dan Mailtrap

Setelah berhasil melakukan konfigurasi Mailtrap SMTP server, maka tahap selanjutnya adalah kita melakukan testing apakah fitur reset password pada project Laravel kita sudah dapat digunakan.

Bukalah jendela Terminal/ Command Prompt, dan arahkan pada directory project laravel Anda, lalu jalankan perintah berikut.

php artisan serve

Lalu buka web browser Anda, dan akses project anda melalui url localhost:8000, kemudian klik tombol login dan klik link tombol fitur reset password “Forgot Your Password?”, maka kita akan disuguhkan form reset password.

Masukkan email akun anda, disini saya menggunakan email info.jogjatech@gmail.com, kemudian klik tombol “Send Password Reset Link”. Jika berjalan dengan baik, maka pada fitur form reset password akan muncul pemberitahuan bahwa link untuk me-reset password telah dikirimkan ke email.

Rset Password Laravel
Permintaan Reset Password Berhasil Dikirimkan Ke Akun

Sekarang cek akun Mailtrap kita, maka akan kita dapati email masuk.

Buka email tersebut, maka kita akan menemukan tombol fitur “Reset Password”, klik tombol tersebut maka kita akan diarahkan ke halaman form ubah password project Laravel kita, seperti berikut.

Lengkapi isian form fitur reset password yang tersedia, lalu lanjut klik “Tombol Reset”, jika reset password berhasil maka Anda akan diarahkan ke halaman dashboard project Laravel dan bisa kita jumpai ada pesan bahwa password anda berhasil di setting ulang.

Demikianlah langkah demi langkah mengaktifkan fitur reset password melalui email dengan Laravel menggunakan Mailtrap sebagai SMTP server.

Catatan. Mailtrap hanya sebagai tempat percobaan melakukan testing pengiriman dan penerimaan email dari sistem dalam rangka uji coba aplikasi pengembangan website. Jika teman-teman ingin menerapkan pada project Laravel yang akan dipublikasi, maka disarankan menggunakan SMTP server lainnya seperti gmail, atau server teman-teman sendiri.

Semoga tutorial membuat reset password via email dengan Laravel kali ini dapat membantu dan memberi manfaat. Terimakasih..

Selesai.