Tutorial Laravel 6x : CRUD Hapus Data Dengan Laravel

0
158
Advertisement

Rasanya kurang lengkap jika kita membahas CRUD di Laravel sebelum sampai finalnya, yaitu bagian Delete (D), sebagaimana diketahui bahwa CRUD secara lengkap merupakan singkatan dari Create Read Update dan Delete (CRUD).

- Advertisement -

Nah pada tutorial sebelumnya kita telah melewati bagian pembahasan menampilkan data dengan Laravel, kemudian melakukan edit dan update data dengan Laravel, nah sekarang ini adalah bagian finalnya, yaitu membuat fungsi CRUD hapus data dengan Laravel 6x.

Oke, berikut ini adalah step step nya, membuat fungsi hapus data di Laravel.

Menghapus Data Dari Database Dengan Laravel
Oke teman-teman dikarenakan tutorial ini masih merupakan rangkaian dari tutorial sebelumnya, maka disini kita buka kembali file view index.blade.php pada folder “resources/views/kontak/index.blade.php” yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya.

Letak tombol hapus pada file view index.blade.php

Harap diperhatikan, disana bisa kita dapati pada kolom aksi telah kita sertakan tombol hapus, dimana tombol tersebut jika kita klik akan mengarahkan kita ke route laravel “route(‘kontak.destroy’,$row->id)” dengan membawa serta parameter id data.

Nah teman-teman, itu artinya kita harus menambahkan method destroy() pada file controller “KontakController.php” pada folder “app/Http/Controllers/KontakController.php”.

Oke teman-teman mari kita buka file controller “KontakController.php”, dan ketikkan kode berikut:

    public function destroy($id)
    {
        //menghapus data
        DB::table('kontaks')->where('id',$id)->delete();
        //redirect setelah menghapus
        return redirect('/kontak')->with('status','Data Berhasil Dihapus');
    }

Nah, teman-teman sampai disini kita sudah melengkapi fungsi hapus data di Laravel, cukup sederhana bukan? Oke, saatnya kita uji coba apa yang telah kita buat.

Jalankan project laravel yang telah kita buat, buka jendela Terminal/Command Prompt, lalu gunakan perintah change directory (cd) dan arahkan ke project laravel anda.

Kemudian jalankan perintah artisan berikut:

php artisan serve

Buka jendela web browser, lalu akses url berikut

localhost:8000/kontak

Jika berjalan dengan baik maka akan tampak seperti gambar berikut.

Letak tombol hapus

Disini saya akan mencoba menghapus salah satu data, yaitu no urut 1, mari kita eksekusi, jika berjalan dengan baik maka akan tampak seperti berikut.

menghapus data laravel
Data berhasil dihapus

Nah bagaimana teman-teman, mudah kan? Oke teman-teman, sampai disini tutorial membuat CRUD Hapus Data Dengan Laravel akhirnya berhasil kita selesaikan. Semoga tutorial kali ini dapat membantu dan memberi manfaat. Terimakasih…

Selesai.

Advertisement
Previous articleTutorial Laravel 6x : Membuat CRUD Edit dan Update Data Di Laravel
Next articleTutorial Laravel Lengkap Membuat CRUD di Laravel dengan Route Resource
Tech News, Gadgets, Tutorial, IT Solution, Web Developer