data berhasil ditampilkan di Laravel

Pada tutorial Laravel sebelumnya saya telah menyuguhkan tutorial bagimana membuat CRUD di Laravel dimana pembahasan saya sajikan secara sepotong demi sepotong atau secara terpisah antara fungsi satu dengan lainnya.

Nah disini saya akan sajikan membuat CRUD dengan Laravel secara utuh. Sebagaimana telah banyak diketahui bahwa CRUD merupakan singkatan dari fungsi Create Read Update dan Delete, dengan demikian akan lebih baik jika pembahasannya kita sajikan secara utuh.

Disini kita akan membahah tutorial membuat CRUD dengan Laravel dan route resource. Iya, benar satu route resource ini di Laravel sudah bisa kita gunakan untuk menjalankan fungsi menampilkan data, mengedit data, menginput data, dan menghapus data, tanpa harus membuat route lainnya.

Oke langsung saja kita kupas tuntas disini cara kerjanya.

Membuat Project Laravel Di Web Server
Untuk membuat project di Laravel pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menginstallnya di web server kita melalui composer, oke sekarang buka jendela Terminal/Command Prompt, kemudian dengan perintah change directory (cd) arahkan langsung ke lokasi web server kita masing-masing.

Misal disini saya menggunakan WAMPSERVER sebagai web server dan lokasi web server saya install pada drive (D), maka saya arahkan ke folder berikut:

D:>cd wamp64\www

Kita juga bisa menggunakan XAMPP sebagai web server kita, sehingga kita arahkan ke folder berikut:

D:>cd xampp/htdocs

Melakukan Intalasai Laravel Melalui Composer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here