Cara Melakukan Export Data MySQL ke JSON dengan PHP

0
101

Pembahasan tutorial PHP MySQL kali ini akan menguraikan  tentang cara melakukan export data dari database MySQL ke dalalam bentuk format data JSON dengan PHP. Tutorial ini berisikan step by step cara bagaimana membuat script PHP untuk menggenerate data dari database MySQL kedalam format data type JSON. Tutorial melakukan export data dari database ke JSON ini juga dapat diaplikasikan pada database MariaDB.

Studi kasus yang saya gunakan pada tutorial kali ini saya akan menggunakan data pegawai, adapun data pegawai yang saya gunakan disini adalah data palsu atau data fake, hasil generate dari library faker.

Misalkan saya mempunyai data pada database MySQL seperti berikut ini :

database mysql record data
database mysql record data, data faker

Lalu saya ingin menampilkan ke dalam bentuk format data JSON seperti berikut ini :

contoh format data json
contoh format data json

Adapun secara step by step langkah dalam membuat script PHP export data MySQL ke JSON adalah seperti berikut :

1. Buatlah Sebuah File PHP Koneksi Database MySQL
2. Buatlah Sebuah File PHP Untuk Mengeksport Database MySQL ke JSON
3. Lakukan Test Dengan Menjalankan File PHP Export JSON

Oke mari langsung saja kita kupas langkah demi langkah dalam membuat export data dari database MySQL ke JSON dengan PHP seperti berikut :

  1. Buatlah Sebuah File PHP Koneksi Database MySQL

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh programmer dalam membuat aplikasi adalah dengan membuat file koneksi ke database project itu sendiri, adapun disini adalah membuat database untuk melakukan koneksi ke database MySQL. Tujuan dari pembuatan file PHP koneksi MySQL ini adalah nantinya akan digunakan untuk menghubungkan aplikasi web dengan database MySQL, dengan membuat file koneksi maka tidak akan merepotkan kita ketika akan menggunakannya pada setiap file yang membutuhkan koneksi, akan tetapi kita tinggal memanggilnya pada file yang membutuhkan koneksi, dengan begitu tidak akan merepotkan kita untuk selalu membuat script koneksi database.

Untuk menautkan file koneksi ke setiap file script PHP dapat kita lakukan dengan memanggilnya dengan cara melakukan include file koneksi tersebut, misalkan dengan memasukkan script seperti include “koneksi.php”.

Pada tutorial kali ini saya tidak akan menerangkan langkah-langkah dalam membuat file koneksi database MySQL dengan PHP, dikarenakan saya telah membahasnya pada tutorial sebelumnya, sehingga saya hanya perlu mengkopinya dan memasukkannya dalam file PHP. Jika Anda belum membuat file koneksi database MySQL dengan PHP maka dapat mebacanya pada tutorial disini.

Kemudian lakukan sedikit modifikasi file koneksi tersebut sehingga menjadi seperti berikut :

<?php 
$host = "localhost";
$user = "root"; //user database
$pass = ""; //password database jika ada
$db = "tutorialphpmysql"; //nama database yang akan kita gunakan

$connect = new mysqli($host, $user, $pass, $db);

if($connect->connect_error){
die('Maaf gagal menghubungkan dengan database: (' . $connect->connect_errno . ')'. $connect->connect_error);
exit;
}

?>
  1. Buatlah Sebuah File PHP Untuk Mengeksport Database MySQL ke JSON

Langkah selanjutnya setelah kita berhasil membuat file PHP untuk melakukan koneksi database MySQL, maka selanjutkan adalah membuat file PHP untuk menjalankan export data dari database MySQL ataupun database lainnya ke dalam bentuk format data JSON.

Adapun pada tutorial kali ini, file PHP untuk menjalankan export data MySQL kedalam format data bentuk JSON akan saya beri nama “exportjson.php”, dan berikut adalah isi dari file script PHP untuk melakukan export data dari database MySQL ke dalam bentuk format data JSON.

<?php
include "koneksi.php";

$sql = "SELECT * FROM pegawai"; //script sql select data
$result = mysqli_query($connect, $sql); //melakukan query
while ($row = mysqli_fetch_assoc($result)){
$record = array(
"id" => $row['id'],
"nama" => $row['name'],
"email" => $row['email'],
"pekerjaan" => $row['job'],
"alamat" => $row['address']
);

echo json_encode($record)."\n";
}

?>
  1. Lakukan Test Dengan Menjalankan File PHP Export JSON

Langkah final adalah melakukan tes dengan menjalankan file project yang telah kita buat. Dengan menggunakan web browser akseslah project Anda melalui sebuah url misalkan seperti http://localhost:8080/phpmysql/exportjson.php, jika berjalan dengan baik maka akan ditampilkan data dalam bentuk format data JSON seperti tampak pada gambar berikut :

Hasil export database mysql ke format data JSON
Hasil export database mysql ke format data JSON

Diatas adalah langkah demi langkah cara membuat export data dari database MySQL ke format data JSON dengan PHP, akhirnya kata saya memohon maaf jika masih terdapat kekurangan dalam pembahasan tutorial ini, koreksi dan perbaikan adalah langkah yang lebih baik untuk menghasilkan sesuatu menjadi lebih baik dan lebih sempurna, dan semoga tutorial kali ini dapat memberi manfaat bagi siapaun yang membutuhkan. Terimakasih telah berkunjung di Jogjatech.com, and happy coding ­čÖé

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here