Aplikasi PeduliLindungi, pelacak penyebaran COVID-19 di Indonesia. (Foto: Screenshot Google Play Store)

Hingga kini aplikasi besutan pemerintah PeduliLindungi terlihat tembus satu juta download di Play Store.

Saat ini tidak kurang 1 juta pengguna telah meng-install PeduliLindungi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, melalui aplikasi PeduliLindungi yang telah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 .

Dirangkum dari halaman resmi website Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Pemerintah berharap masyarakat tidak ragu untuk menginstall aplikasi PeduliLindungi, karena provider menggunakan sistem keamanan berlapis dan App Store serta Play Store juga telah mereview aplikasi ini sehingga listing dan tersedia di kedua platform terpercaya ini.

Aplikasi PeduliLindungi adalah sebuah upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di tengah-tengah masyarakat dengan pendekatan teknologi.

Seperti diketahui, PeduliLindungi memiliki fitur aplikasi tracking yang dapat mendeteksi pergerakan terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang. Aplikasi juga dapat terhubung dengan operator selular lainnya untuk menghasilkan visualisasi yang sama. Berdasarkan hasil tracking dan tracing, nomor di sekitar pasien positif Covid-19 yang terdeteksi akan diberikan warning untuk segera menjalankan protokol kesehatan. Aplikasi ini juga digunakan untuk memonitor pendatang dari luar negeri dan pos lintas batas.

Aplikasi ini bekerja untuk kepentingan masyarakat, semakin banyak masyarakat yang meng-install dan menggunakannya maka tingkat akurasinya akan semakin tinggi, sehingga kita dapat membantu sesama dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Semakin banyak, semakin bermanfaat bagi masyarakat.